27 Mei 2022

Komunitas Belajar Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka

 Definisi Komunitas Belajar

Komunitas belajar adalah sekelompok guru, tenaga  kependidikan, dan pendidik lainnya yang memiliki semangat  dan kepedulian yang sama terhadap transformasi  pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah dimana mereka berpartisipasi aktif

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, komunitas belajar  mendukung guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya untuk dapat mendiskusikan dan menyelesaikan  berbagai masalah pembelajaran yang dihadapi saat  implementasi Kurikulum Merdeka

Tujuan Komunitas Belajar

Dalam membangun komunitas belajar terdapat lima tujuan utama, yaitu:

  1. Mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi  informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik
  2. Mendukung dengan merancang interaksi dan kolaborasi antara  anggota komunitas
  3. Membina anggota kelompok dengan mengajak anggota kelompok  untuk mulai belajar dan belajar secara berkelanjutan
  4. Mendorong anggota dengan mempromosikan pekerjaan dari anggota  melalui saling berbagi dan diskusi
  5. Mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas  dalam pekerjaan sehari-hari  (Wenger, 1998)

Manfaat belajar di dalam Komunitas

Membangun jejaring antara pendidik yang  sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk  bertemu

Memberikan ruang bagi pendidifi untuk  berkomunikasi dan berbagi informasi, isu  kontekstual, pengalaman pribadi yang dapat  membangun pemahaman dan wawasan  terkait pembelajaran

Membangun dialog atau diskusi antar rekan  sejawat yang dapat mengeksplorasi strategi  dan solusi baru atas tantangan yang  dihadapi dan saling mendukung dalam  proses pengembangan diri

Menstimulasi pembelajaran dengan menjadi  wadah untuk komunikasi, mentoring,  coaching, dan refleksi diri

Membagikan pengetahuan yang ada untuk  membantu anggota dalam meningkatkan  praktik mereka dengan menyediakan forum  untuk mengidentifikasi solusi untuk masalah  umum dan proses untuk mengumpulkan dan  mengevaluasi praktik terbaik

Memperkenalkan proses kolaboratif kepada  kelompok dan organisasi untuk mendorong  gagasan dan pertukaran informasi

Mendorong anggota komunitas untuk  mengembangkan aksi nyata dengan hasil  yang terukur

Menghasilkan pengetahuan baru untuk  membantu anggota mengubah praktik untuk  mengakomodasi perubahan kebutuhan dan  teknologi     Cambridge, Kaplan, Suter (2005)

Siklus belajar di dalam Komunitas

  • Mengidentifikasi kebutuhan belajar atau permasalahan yang  sedang dihadapi oleh anggotanya
  • Berbagi masalah dan mengembangkan proses untuk mencari  solusi
  • Berbagi pengalaman menjalankan praktik mengajar atau  belajar
  • Berdiskusi untuk merefleksikan kegiatan praktik yang telah  dilakukan
  • Mendokumentasikan kegiatan dan hasil diskusi sebagai bahan  belajar anggota

Peran Komunitas belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka

Komunitas belajar berperan untuk:

  1. Memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka
  2. Memfasilitasi diskusi untuk memecahkan masalah dan berbagi praktik baik  seputar Kurikulum Merdeka
  3. Memfasilitasi kolaborasi pengembangan perangkat ajar berbasis Kurikulum  Merdeka
  4. Memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat

Penggerak komunitas diharapkan dapat mendorong peran ini terwujud di dalam  komunitas belajar. Penggerak komunitas dapat berbagi tugas dengan rekan  anggota komunitas sehingga semua dapat berpartisipasi aktif

Peran #1:
Memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka

  • Mempelajari hal baru seperti Kurikulum Merdeka akan lebih mudah dan menyenangkan bersama rekan sejawat.
  • Kemdikbudristek telah menyiapkan berbagai bahan yang dapat menjadi sumber belajar bagi Guru, Kepala Sekolah, Tenaga Kependidikan dan Pendidik Lainnya, namun pemahaman akan lebih kuat terbangun melalui diskusi bersama rekan sejawat.
  • Belajar bersama dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan solidaritas para anggota komunitas saat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Peran #2:
Memfasilitasi diskusi untuk memecahkan masalah dan berbagi praktik baik seputar Kurikulum Merdeka

  • Anggota komunitas belajar dapat berbagi masalah yang sedang dihadapi saat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, sehingga anggota yang lain dapat membantu diskusi dan mencari penyelesaian masalahnya. Proses membantu rekan sejawat ini akan menjadi pembelajaran berharga bagi anggota komunitas belajar.
  • Selain itu, anggota komunitas belajar juga dapat berbagi praktik baik yang dapat menginspirasi rekan sejawat dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Praktik-praktik ini dapat didokumentasikan dan dipublikasikan untuk menjadi pembelajaran bagi rekan yang lebih luas
  • Topik-topik yang dapat didiskusikan antara lain seputar pembelajaran dan asesmen, pengembangan projek penguatan pelajar pancasila, penyesuaian pembelajaran, pengembangan kurikulum operasional Satuan Pendidikan dan lainnya

Peran #3:
Memfasilitasi kolaborasi pengembangan perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka

  • Komunitas belajar bisa memfasilitasi pengembangan perangkat ajar yang dapat digunakan dan disesuaikan untuk kepentingan pembelajaran seperti alur tujuan pembelajaran, modul ajar, modul projek, bahan ajar dan bahan asesmen.
  • Kolaborasi pengembangan perangkat ajar akan mempermudah tugas pendidik komunitas, membantu rekan sejawat yang belum bisa mengembangkan perangkat ajar secara mandiri dan memperkaya produk-produk yang dihasilkan.
  • Karya anggota komunitas belajar juga dapat dibagikan di Platform Merdeka Mengajar untuk dapat menjadi inspirasi bagi rekan guru lain

Peran #4:
Memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat

  • Proses implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pertama pasti memberikan banyak pembelajaran bagi Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidik Lainnya. Refleksi sangat esensial dalam setiap pembelajaran untuk melihat dampak proses pembelajaran terhadap diri dan tujuan yang ingin dicapai.
  • Komunitas belajar bisa memfasilitasi proses refleksi dan perencanaan perbaikan serta rencana belajar lanjutan bagi anggotanya. Proses refleksi bersama akan memperkaya pengalaman belajar anggota komunitas

Menggunakan Platform Merdeka Mengajar untuk menggerakkan komunitas belajar
Apa saja sumber belajar Kurikulum Merdeka bagi komunitas belajar?

  1. Daftar Komunitas Belajar di Seluruh Indonesia
  2. Buku saku dan panduan memfasilitasi komunitas belajar dengan menggunakan PMM
  3. Fitur Webinar bagi penggerak Komunitas
  4. Modul belajar topik Kurikulum Merdeka
  5. Contoh Perangkat Ajar
  6. Prinsip Dasar Kurikulum Merdeka dan Penjelasan Profil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran

Sumber #1
Daftar komunitas belajar yang berkomitmen mendukung implementasi Kurikulum Merdeka

Komunitas belajar yang sudah mengikuti pelatihan akan terdaftar sebagai komunitas yang siap berbagi dan memfasilitasi belajar Guru, Tenaga Kependidikan dan Pendidik Lainnya untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka 

Deskripsi komunitas dan bagaimana cara bergabung ke dalam komunitas akan tersedia di PMM dan dapat dilihat oleh rekan sejawat lainnya

Sumber #2
Buku saku dan panduan memfasilitasi belajar anggota komunitas dengan menggunakan PMM

  • Buku saku Penggerak komunitas belajar akan membantu pengembangan komunitas belajar di lingkungannya. Buku ini berisikan lembar kerja yang bisa dipakai penggerak bersama anggota Komunitas
  • Panduan memfasilitasi belajar topik di Pelatihan Mandiri platform Merdeka Mengajar berisikan langkah-langkah belajar bersama secara partisipatif dengan tujuan memperkuat pemahaman anggota komunitas tentang Kurikulum Merdeka 
  • Kedua hal ini dapat diunduh di Platform Merdeka Mengajar

Sumber #3
Fitur Webinar

Komunitas belajar yang telah mengikuti webinar dan telah menyelesaikan topik Kurikulum dan topik Perencanaan Pembelajaran dapat membuat webinar untuk belajar bersama anggota komunitas

Kehadiran berbagai topik webinar yang dibuat oleh komunitas belajar diharapkan membantu pemahaman Guru dan Tenaga Kependidikan dan Pendidik Lainnya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka

Sumber #4
Contoh Perangkat Ajar

seperti: Buku Murid, Buku Guru, Modul Ajar, Modul Projek dan Bahan Ajar 

Sumber #5
Modul pelatihan mandiri guru topik Kurikulum Merdeka

Sumber #6
Prinsip Dasar Kurikulum Merdeka

Profil Pelajar Pancasila, Capaian Pembelajaran dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran

Selamat belajar dan menggerakkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prinsip Coaching

  Prinsip Coaching Definisi  coaching  menurut ICF ( International Coaching Federation ) adalah “Hubungan kemitraan dengan klien, dalam su...