Model Kompetensi Dalam Pengembangan Profesi Guru dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Nomor 6565/B/Gt/2020
Pengertian
Model Kompetensi Guru Meliputi:
- pengetahuan professional;
- praktik pembelajaran professional;
- pengembangan profesi.
1. Pengetahuan profesional dengan kompetensi:
- a. menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran;
- b. menjabarkan tahap penguasaan kompetensi murid; dan
- c. menetapkan tujuan belajar sesuai dengan karakteristik murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila.
- a. mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman;
- b. menyusun desain, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran yang efektif;
- c. melakukan asesmen, memberi umpan balik, dan menyampaikan laporan belajar; dan
- d. mengikutsertakan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran.
- a. menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri;
- b. menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi, untuk berperilaku sesuai kode etik guru;
- c. menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak;
- d. melakukan pengembangan potensi secara gotong royong untuk menumbuhkan perilaku kerja; dan
- e. berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.
Kategori Nama Kategori |
|||
Kompetensi Nama Kompetensi Indikator: Menyebutkan indikator yang tercakup dalam
suatu kompetensi. Indikator menjelaskan sejumlah perilaku kunci yang esensial dalam sebuah kompetensi. Seseorang disebut kompeten
bila menunjukkan keseluruhan indikator. Jenjang Kompetensi: Menyebutkan tingkat penguasaan kompetensi pada tingkatan kompetensi berkembang hingga
yang paling mahir.
Penjenjangan dibuat agar setiap guru bisa merefleksikan secara mandiri tingkat
penguasaan kompetensinya. Jenjang kompetensi
membantu menentukan syarat kompetensi untuk suatu tahapan
pengembangan. Dimensi Jenjang: 1.
Konsep: derajat penguasaan konsep
mulai dasar hingga
mampu menggerakan dan membimbing guru lain dalam konteks yang berbeda 2.
Praktik: derajat
penguasaan praktik mulai efektif hingga
bisa adaptif |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Esensi 1.
Penguasaan konsep
esensial dasar 2.
Praktik sudah efektif
tapi belum konsisten |
Esensi 1.
Penguasaan konsep
esensial kompleks 2.
Praktik sudah efektif dan konsisten |
Esensi 1.
Melakukan perluasan penguasaan konsep 2.
Praktik efektif, konsisten dan melakukan pengembangan |
Esensi 1.
Mampu menggerakan guru lain dalam penguasaan konsep pada konteks
yang berbeda 2.
Praktik efektif, konsisten dan adaptif |
Kategori Pengetahuan Profesional |
|||
Kompetensi Menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran
Indikator 1.
Menjelaskan konsep,
materi, dan struktur
dari suatu disiplin ilmu yang relevan 2.
Menganalisis prasyarat untuk menguasai konsep
dari suatu disiplin
ilmu 3.
Menjelaskan keterkaitan suatu konsep dengan
konsep yang lain 4.
Mengevaluasi konsep,
struktur, dan materi pada kurikulum |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Menyusun konsep menjadi alur belajar yang
urut dan meningkat kompleksitasnya |
Menyusun konsep dan menjelaskan prasyaratnya untuk menjadi alur
belajar yang urut dan meningkat kompleksitasnya |
Menyusun konsep dan keterkaitannya dengan
konsep dari disiplin ilmu yang berbeda menjadi alur belajar yang urut dan meningkat kompleksitasnya |
Mampu menggerakkan guru lain dalam menyusun alur
belajar yang meningkat kompleksitasnya berdasarkan urutan
konsep dari suatu disiplin ilmu maupun lintas disiplin ilmu |
Kategori Pengetahuan Profesional |
|||
Kompetensi Menjabarkan tahap penguasaan kompetensi murid Indikator 1. Menjelaskan proses belajar yang dialami murid 2. Menjelaskan kebutuhan murid termasuk
murid berkebutuhan khusus 3.
Mengidentifikasi tahap perkembangan dan latar
belakang murid 4. Menjabarkan tahap penguasaan kompetensi dari disiplin tertentu |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Menjelaskan tahap penguasaan pengetahuan murid berdasarkan pemahaman terhadap proses belajar,
kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang
murid |
Menjelaskan tahap penguasaan pengetahuan murid berdasarkan pemahaman terhadap proses belajar,
kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang
murid untuk mengetahui kemampuan awal murid dan memilih strategi pembelajaran |
Menjelaskan tahap penguasaan pengetahuan murid berdasarkan pemahaman terhadap proses belajar,
kebutuhan, tahap perkembangan, dan latar belakang
murid untuk mengetahui kemampuan awal murid
dan menerapkan |
Membantu guru lain menganalisis tahap
penguasaan pengetahuan murid berdasarkan pemahaman terhadap proses belajar, kebutuhan, tahap
perkembangan, dan latar belakang murid untuk mengetahui kemampuan awal murid dan memilih |
Kategori Pengetahuan Profesional |
|||
Kompetensi Menetapkan tujuan belajar
sesuai karakteristik murid,
kurikulum, dan profil pelajar Pancasila Indikator 1. Menganalisis perkembangan murid, kurikulum,dan profil pelajar Pancasila 2.
Menetapkan urutan
hasil belajar sesuai
dengan tahap penguasaan kompetensi murid 3. Merumuskan tujuan belajar yang dapat diukur
dan menunjukkan capaian
murid 4. Memastikan tujuan belajar yang mencakup keragaman perkembangan murid |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Menetapkan tujuan belajar
sesuai dengan perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar
Pancasila |
Menetapkan tujuan belajar
yang menantang dan realistis sesuai dengan perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar
Pancasila, dan memahami cara melakukan asesmennya |
Menetapkan tujuan belajar
yang bervariasi, menantang, dan realistis sesuai dengan perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar
Pancasila dan melakukan asesmen yang bervariasi |
Membantu guru lain menetapkan tujuan
belajar yang bervariasi, menantang, dan realistis sesuai dengan perkembangan murid, kurikulum, dan profil pelajar
Pancasila dan melakukan asesmen |
Kategori Praktik
Pembelajaran Profesional |
|||
Kompetensi Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara
aman dan nyaman Indikator 1. Melakukan dan mendorong praktik
komunikasi positif di lingkungan belajar 2. Mengikutsertakan murid dalam perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi
belajar 3. Mengembangkan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar 4. Membangun kepercayaan diri dan menanamkan harapan
yang tinggi pada murid 5. Memotivasi murid berdasarkan konsep
motivasi intrinsik 6. Mengelola perilaku murid yang sulit dengan
tetap menghargai hak anak tersebut |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Menggunakan |
Menggunakan |
Mengembangkan |
Mengembangkan kelas |
beberapa
strategi |
berbagai strategi |
kelas sebagai
sistem |
sebagai sistem
sosial |
komunikasi dalam |
komunikasi yang |
sosial yang |
yang merencanakan, |
mengembangkan dan |
positif dan
efektif |
merencanakan, |
mengatur, dan |
Kategori Praktik
Pembelajaran Profesional |
|||
Kompetensi Menyusun desain,
melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran yang efektif Indikator 1.
Menyusun desain pembelajaran sesuai dengan tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid 2. Memastikan desain pembelajaran yang disusun relevan
dengan tantangan di sekitar sekolah 3.
Melaksanakan pembelajaran yang dinamis dan menumbuhkan kegemaran belajar murid 4. Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan bernalar kritis
murid 5. Merefleksikan desain dan praktik pembelajaran serta menindaklanjutinya |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Menyusun desain dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid yang menumbuhkan kegemaran belajar murid |
Menyusun desain dan melaksanakan pembelajaran yang dinamis sesuai
dengan tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid, serta relevan dengan
tantangan lingkungan sekitar
sekolah untuk menumbuhkan kegemaran belajar dan kemampuan bernalar kritis murid |
Menyusun desain dan melaksanakan pembelajaran
yang dinamis sesuai
tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid, serta relevan dengan tantangan lingkungan sekitar sekolah untuk memastikan tumbuhnya kegemaran belajar dan kemampuan bernalar kritis diikuti dengan refleksi bersama murid serta menindaklanjutinya |
Membimbing guru lain dalam menyusun desain
dan melaksanakan pembelajaran yang dinamis sesuai
tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid,
serta relevan dengan
tantangan lingkungan sekitar
sekolah untuk memastikan tumbuhnya kegemaran belajar dan kemampuan bernalar
kritis diikuti dengan
refleksi bersama
murid serta menindaklanjutinya |
Kategori Praktik
Pembelajaran Profesional |
|||
Kompetensi Melakukan asesmen, memberi
umpan balik, dan menyampaikan laporan
belajar Indikator 1. Merancang asesmen sesuai dengan
tujuan dan bermakna bagi murid 2. Melakukan asesmen secara obyektif
dan relevan bagi murid 3.
Memberi umpan balik yang spesifik dan bermakna bagi murid 4. Menyusun
laporan belajar yang relevan dan mudah dipahami 5.
Menyampaikan
laporan belajar melalui komunikasi yang
dialogis 6. Menganalisis hasil asesmen sebagai
bahan untuk perbaikan pembelajaran |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Merancang minimal |
Merancang beragam |
Merancang beragam |
Membimbing guru lain |
satu bentuk asesmen |
asesmen yang sesuai |
asesmen yang sesuai |
dalam merancang |
yang sesuai dengan |
dengan tujuan
dan |
dengan tujuan
dan |
beragam asesmen |
tujuan
dan |
bermakna, |
bermakna, |
yang sesuai dengan |
bermakna, |
melakukan asesmen |
melakukan asesmen |
tujuan dan bermakna, |
melakukan asesmen |
secara obyektif dan |
secara obyektif dan |
melakukan asesmen |
secara
obyektif dan |
relevan, memberi |
relevan, |
secara obyektif dan |
relevan, memberi |
umpan balik yang |
membiasakan |
relevan, membiasakan |
umpan balik, serta |
spesifik dan |
memberi umpan |
memberi umpan balik |
menyampaikan |
bermakna, |
balik yang spesifik |
yang spesifik dan |
laporan
belajar |
menyampaikan |
dan bermakna, |
bermakna, |
kepada
murid/wali |
laporan
belajar kepada |
menyampaikan |
menyampaikan |
murid |
wali murid dan murid, |
laporan belajar |
laporan belajar |
|
dan menggunakan |
kepada wali
murid |
kepada wali
murid |
|
hasil asesmen
untuk |
dan murid, dan |
dan murid, dan |
|
meningkatkan |
menganalisis hasil |
menganalisis hasil |
|
kualitas belajar |
asesmen
sebagai bahan untuk |
asesmen
sebagai bahan untuk |
|
|
perbaikan |
perbaikan |
|
|
pembelajaran |
pembelajaran |
Kategori Praktik
Pembelajaran Profesional |
|||
Kompetensi Mengikutsertakan
orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran Indikator 1.
Membangun komunikasi dan interaksi positif
dengan orang tua/wali murid dan masyarakat 2.
Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mengikutsertakan orang
tua/wali murid dan masyarakat 3.
Menyediakan
peran yang relevan dan bermakna bagi orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Menunjukkan sikap positif terhadap keikutsertaan orang |
Memberi kesempatan bagi orang tua/wali
murid dan masyarakat |
Berkolaborasi dengan guru lain dalam menyediakan |
Menginisiasi baik secara mandiri maupun |
Kategori Pengembangan Profesi |
|||
Kompetensi Menunjukkan kebiasaan refleksi
untuk pengembangan diri secara mandiri Indikator: 1. Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran
dan pendidikan 2.
Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai
guru 3. Menetapkan tujuan dan rencana
pengembangan diri 4. Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan diri |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan untuk mengetahui aspek
kekuatan dan kelemahan sebagai guru |
Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan berdasarkan penilaian diri
dan umpan balik
dari murid sehingga
dapat menganalisis aspek
kekuatan dan kelemahan sebagai guru |
Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan berdasarkan penilaian diri dan umpan balik dari murid
dan/atau rekan kerja
sehingga dapat menganalisis aspek kekuatan dan kelemahan sebagai
guru dalam melakukan pengembangan diri yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pendidikan |
Menginisiasi refleksi kolaboratif dengan warga sekolah secara berkala terhadap praktik pembelajaran dan
pendidikan sehingga dapat
menganalisis aspek kekuatan dan kelemahan sebagai
guru dalam melakukan pengembangan praktik pembelajaran dan
pendidikan yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pendidikan |
Kategori Pengembangan Profesi |
|||
Kompetensi Menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode
etik guru Indikator 1.
Mengaktualisasikan makna, tujuan, dan pandangan hidup guru berdasarkan keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa 2.
Mengelola emosi
agar berdampak positif
terhadap fungsi dan perannya
sebagai guru 3. Menggunakan prinsip moral dalam pengambilan keputusan 4. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan
perilaku kerja yang mengacu pada kode etik
guru 5.
Menerapkan strategi untuk menghindari pelanggaran kode etik guru
dan konflik kepentingan |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Mengelola emosi, menggunakan prinsip moral, dan menunjukkan keyakinan terhadap Tuhan
yang Maha Esa untuk berperilaku kerja yang mengacu
pada kode etik guru |
Mengelola emosi, menggunakan prinsip moral, dan menunjukkan keyakinan terhadap Tuhan yang Maha Esa
untuk mengembangkan perilaku kerja dan pembelajaran yang mengacu pada kode etik guru |
Mengelola emosi, menggunakan prinsip moral, dan menunjukkan keyakinan terhadap Tuhan yang Maha Esa untuk mengembangkan perilaku kerja dan pembelajaran yang mengacu pada kode etik
guru, serta mengantisipasi pelanggaran kode etik guru dan menghindari konflik kepentingan |
Membimbing guru lain dalam mengelola emosi,
menggunakan prinsip moral,
dan menunjukkan keyakinan terhadap Tuhan yang Maha Esa untuk mengembangkan perilaku kerja dan pembelajaran yang mengacu pada kode etik guru serta
mengantisipasi terjadinya pelanggaran kode
etik guru dan menghindari konflik
kepentingan |
Kategori Pengembangan Profesi |
|||
Kompetensi Menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak
Indikator 1. Melakukan interaksi aktif dengan
menjaga dan menghormati hak anak 2.
Menunjukkan kepedulian terhadap keselamatan dan keamanan anak,
baik sebagai individu maupun kelompok 3.
Melakukan refleksi
praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Melakukan dan menjelaskan cara |
Melakukan interaksi aktif
dengan anak |
Melakukan refleksi praktik dan |
Menginisiasi kolaborasi deguru lain untuk melakukan refleksi praktik dan kebiasaan bekerja untuk meningkatkan kualitas kerja yang menjaga dan menghormati hak anak, serta memastikan keselamatan dan keamanan anak, baik sebagai individu maupun kelompokngan |
Kategori Pengembangan Profesi |
|||
Kompetensi Melakukan pengembangan potensi secara
gotong royong untuk menumbuhkan perilaku
kerja Indikator 1. Mengenali dan menghormati
perbedaan dalam konteks
kebinekaan 2. Mengakui
dan menerima keberagaman kebutuhan pengembangan potensi
orang lain 3.
Merencanakan dan melaksanakan pengembangan potensi secara kolaboratif 4. Melakukan refleksi terhadap aktivitas kolaborasi pengembangan potensi 5. Menerapkan hasil pengembangan potensi
untuk menumbuhkan perilaku kerja |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Mengetahui perlunya pengembangan potensi melalui kolaborasi dengan menghargai perbedaan |
Melakukan kolaborasi dengan
teman sejawat dan
melakukan refleksi berdasarkan data dan fakta terhadap praktik
pengembangan potensi
yang dilakukan untuk
menumbuhkan perilaku kerja |
Menginisiasi untuk melakukan kolaborasi dengan teman
sejawat dan melakukan refleksi berdasarkan data dan fakta terhadap berbagai praktik pengembangan potensi
yang dilakukan untuk
menumbuhkan perilaku kerja |
Membimbing guru lain untuk melakukan kolaborasi dengan teman sejawat
dan melakukan refleksi
berdasarkan data dan fakta terhadap berbagai praktik pengembangan potensi yang dilakukan untuk menumbuhkan perilaku kerja |
Kategori Pengembangan Profesi |
|||
Kompetensi Berpartisipasi aktif dalam
jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier Indikator 1.
Mengikuti secara
aktif berbagai kegiatan jejaring dan organisasi profesi 2. Melakukan eksplorasi beragam pengalaman belajar dari kegiatan
jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier 3. Menghasilkan karya dan/atau memberikan layanan yang bermakna dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi
untuk mengembangkan karier |
|||
Jenjang Kompetensi |
|||
Berkembang |
Layak |
Cakap |
Mahir |
Mengikuti kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk
mengembangkan karier |
Mengikuti secara aktif
kegiatan jejaring dan organisasi profesi
untuk mengekplorasi beragam pengalaman belajar yang relevan dengan
kebutuhan belajar untuk
mengembangkan karier |
Membuat karya dan/atau memberikan layanan yang
bermakna, berbagi praktik
baik pembelajaran, dan mengambil
beragam peran pada kegiatan jejaring dan organisasi profesi
yang relevan dengan kebutuhan belajar
untuk mengembangkan karier |
Membimbing guru lain dalam membuat karya
dan/atau memberikan layanan yang bermakna, dalam
berbagi praktik baik pembelajaran, dan dalam mengambil beragam peran pada kegiatan jejaring
dan organisasi profesi
yang relevan dengan
kebutuhan belajar untuk
mengembangkan karier |
Peraturan Dirjen GTK Nomor 6565/B/GT/2020 tentang Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru selengkapnya dapat di unduh pada link berikut ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar