04 Juni 2022

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang saya telah ketahui tentang program yang berdampak pada murid? 
  2. Bagaimana kaitan antara  program yang berdampak pada murid dengan student agency (kepemimpinan murid)?
  3. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?

Bapak dan Ibu calon guru penggerak,

Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri.  Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.

Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini. 

Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Tanggapan ini bersifat urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan dinilai.

Mulai dari Diri

Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1

Apa kegiatan/programnya?

Respondent

Response

AKBAR ZAMIL

Kegiatan Ekstrakurikuler sewaktu di SMP, saya mengikuti ekstrakurikuler Paskibra

DESI TRIYANI

Pengalaman yang paling berkesan adalah pada waktu saya SMP saya mengikuti program/kegiatan ekstrakurikuler PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera).

GEGET MULYANA

waktu itu saya mengikuti kegiatan program sepak bola

IWAN SETIAWAN

Program yang dibuat, disusun dan disepakati oleh sekolah dari data hasil analisis kebutuhan peserta didik dijadikan sebagai rujukan seperti minat. Pengembangan potensi/kekuatan/sumber daya manusia khususnya murid menjadi sasaran utama program sekolah yang berdampak murid. seperti Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah antara lain Pramuka, PMR, Karya Ilmiah Remaja, Sepak bola, Bola Voli, Basket, Tari, Upacara bendera

R. GANTRINA WULANSARI

pada masa sekolah saya pernah mengikuti kegiatan extrakurikuler , yaitu pramuka dan seni tari

RIFAL RINALDI

Kegiatan Pentas Seni SMA YWKA

RINA KURNIASARI

1. KM saat kelas 2 SMA. Memimpin kelas 2 A4 ( Kelas Biologi)

2. OSIS Di SMAN Cimindi Bandung, dimana Saya aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas Siswa di luar KBM. Dan banyak Program yang dilaksanakan selama Saya ikut OSIS

3. Pramuka Di SMAN Cimindi, Banyak pelajaran dan pengalan yang berharga yang di dapat selama Saya mengikuti Pramuka

4. PASUS di SMAN Cimindi, merupakan organisasi Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra)

5. Koperasi Siswa. Mengelola Simpan pinjam dana siswa di Koperasi

WIWIN SAWINAH

Pada saat Sekolah SD dan SMP mengikuti kegiatan Pramuka dan SMA mengikuti kegiatan PMR dan Pencak silat

YUSI PEBRUANTI

Kegiatan ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah menjadi anggota OSIS.

SUMARNI .

Kegiatan pramuka / kemping (berkemah)

JUHRIANSYAH (Rian)

Kegiatannya adalah melatih petugas upacara bendera untuk upacara setiap hari Senin (waktu SMP).

SANDI NUR CAHYATIKA ADITYA

Pramuka

FITRIA AGUSTINI

Kegiatan saya waktu saya menjadi murid saya baru aktif mengikuti kegiatan di sekolah itu waktu SMP, saya mengikuti kegiatan pramuka, dan olahraga basket. lalu pada saat SMA saya mengikuti kegiatan teater, basket, dan kegiatan pentas seni yang ada di sekolah. Selain itu juga saya suka mengikuti kegiatan studi tour yang diadakan di sekolah.

ASEP NANDAR CGP Angkatan 4

Pada saat SMP, saya menjadi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Semua kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa, menjadi tanggung jawab pengurus OSIS.

FENI FEBRYANI ZAMAN CGP Angkatan 4 Kota Bandung

Ketika saya sekolah SMA (SMAN 1 Sumber, Kabupaten Cirebon) saya mengikuti program ekstrakurikuler OSIS, ekstrakurikuler Paskibra, paduan Suara, dan Mading (Majalah Dinding).

DADI SULISTIYATI DADI SULISTIYATI

Saya terlibat dalam program ekskul Pencak Silat 

TINNA DEWI FITRIANA

Dies Natalis/PSM UNPAD

AGUS GUSTIAWAN

Pada tahun 1985 saat duduk di bangku SMP, saya aktif di program sekolah berupa kegatan ekstrakurikuler PRAMUKA.

ADINDA KHOERUNNISA

Pada saat saya sekolah di SD, SMP saya aktif mengikuti program kepramukaan, sedangkan saat SMA saya mengikuti ekskul paskibra dan ikatan remaja mesjid. Sedangkan kegiatan kokulikuler saat SMA saya mengikuti program ilmu teknologi dan komunikasi. 

DJUANGSIH DEWI KURNIASARI

Pada saat jadi murid SMP saya mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Volly, dan pada saat SMA saya mengikuti ekstrakurikuler PMR. Saya juga mengikuti kegiatan OSIS saat dibangku SMA.



JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Mengikuti kegiatan Paskibra saat SMP, dan menjadik seksi pendidikan di OSIS saat SMA

YANI PURBANINGRUM YANI PURBANINGRUM

beberapa kegiatan yang diikuti ketika saya menjadi seorang murid :

SD : lomba sinopsis, membaca puisi, pramuka, hiking

SMP : PBB (Pelatihan Baris Berbaris), tim basket 

SMA : Paskibraka, Teater, Pramuka

Total responses to question

22/22

2

Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?

Respondent

Response

AKBAR ZAMIL

Sebagai anggota pada saat kelas 7, anggota senior di kelas 8 dan 9

DESI TRIYANI

Dalam program/kegiatan ekstrakurikuler PASKIBRA tersebut peran saya adalah sebagai anggota.

GEGET MULYANA

saya berperan sebagai peserta

IWAN SETIAWAN

Pada saat itu saya berperan sebagai Staf Kesiswaan yaitu koordinator ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler dan memberikan pembinaan tentang nilai nilai kepramukaan dan Paskibra sekolah, dan juga membuat peta konsep pembinaan siswa dalam membentuk karakter dan budaya sekolah

R. GANTRINA WULANSARI

saya berperan sebagai anggota pramuka , dan peserta penari tarian tradisional dan kontemporer

RIFAL RINALDI

Ketua Pelaksana

RINA KURNIASARI

1. Sebagai KM, Saya memimpin Siswa yang ada di kelas dan mengelola Kelas

2.Saya berperan sebagai Wakil Ketua OSIS, dimana saya berbagi Tugas dengan ketua OSIS untuk memimpin Siswa di dalam kegiatan yang berkaitan dengan program-program kesiswaan

3. Saya berperan Sebagai Pradani, Ketua Kelompok Pramuka Perempuan. Dan memimpin pasukan pramuka perempuan di dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kepramukaan.

4. Saya berperan sebagai Bagian pengibar Benderanya

5. saya berperan sebagai sekertaris koperasi. yang mencatat Simpan Pinjam Koperasi siswa

WIWIN SAWINAH

Di ke pramukaan dan PMR saya berperan sebagai anggota, sedangkan Pencak silat saya berperan sebagai murid 

YUSI PEBRUANTI

Saya berperan sebagai seksi bidang prestasi akademik

SUMARNI .

Peserta /Anggota pramuka

JUHRIANSYAH (Rian)

Saya sebagai koordinator kegiatan tersebut.

SANDI NUR CAHYATIKA ADITYA

Sebagai peserta dan wakil ketua

FITRIA AGUSTINI

Saya berperan sebagai anggota dari semua kegiatan yang saya ikuti. tetapi pada kegiatan pentas seni waktu SMA saya dipercaya sebagai sie. acara dalam kegiatan tersebut. 

ASEP NANDAR CGP Angkatan 4

Dalam pengurus OSIS saya menjabat sebagai Ketua OSIS yang bertanggung jawab terhadap kegiatan siswa di sekolah maupun di luar sekolah.

FENI FEBRYANI ZAMAN CGP Angkatan 4 Kota Bandung

Ketika SMA (SMAN 1 Sumber, Kabupaten Cirebon), saya sebagai Wakil Ketua OSIS 1, di dalam ekstrakurikuler PAskibra saya sebagai Bu Lurah (Ketua Paskibra Puteri), Paduan Suara saya sebagai dirigen (Pemimpin Lagu), dan dalam organisasi Mading saya sebagai koordinator hasil karya teman-teman.

DADI SULISTIYATI DADI SULISTIYATI

Sebagai anggota (murid)

TINNA DEWI FITRIANA

penyanyi dalam grup Paduan suara mahasiswa

AGUS GUSTIAWAN

waktu menjadi anggota pramuka penggelang tahun 1985 saya berperan sebagaii wakil pimpinan regu.

ADINDA KHOERUNNISA

Pada program pramuka saya berperan sebagai koordinator putri, paskibra berperan sebagai sekretaris, ikuatan remaja mesjid berperan sebagai anggota, dan program ilmu teknologi dan komunikasi sebagai anggota.

DJUANGSIH DEWI KURNIASARI

Pada saat SMA  saya pernah berperan sebagai komandan dalam lomba Gerak Jalan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung. Alhamdulilah regu saya mendapat juara satu se kota Bandung. Saat SMA di OSIS saya juga berperan sebagai bendahara OSIS.



JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Saat di Paskibra menjadi anggota, di OSIS menjadi seksi pendidikan.

YANI PURBANINGRUM YANI PURBANINGRUM

SD : sebagai pelaksana / anggota

SMP : PBB (Pelatihan Baris Berbaris) sebagai pelatih bagi adik kelas

SMA : Paskibraka (anggota dan tim humas), Teater (pemain dan sutradara), Pramuka (Ketua)

 

 

3

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?

Respondent

Response

AKBAR ZAMIL

Sangat bahagia pernah aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diluar jam pelajaran tersebut.

DESI TRIYANI

Perasaan saya pada saat itu adalah sangat senang dan bangga sekali.

GEGET MULYANA

perasaan saya sangat senang karena sepakbola sesuai dengan minat saya

IWAN SETIAWAN

Saya sangat bahagia dapat aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Perasaan menjadi "berguna" atau berkontribusi benar-benar membuat saya bahagia meskipun lelah karena harus pulang lebih sore dari teman-teman saya yang lain. Terkadang harus latihan dalam terik matahari. Tapi, saya benar-benar merasakan bahagia kala itu.

R. GANTRINA WULANSARI

saya merasa senang dengan kegiatan tersebut, selain menambah ilmu dan teman , saya juga bisa menggali potensi yang ada pada diri saya / menggali minat dan bakat saya .

RIFAL RINALDI

Bangga, Karena di percaya menjadi ketua, dan kegiatan terlaksana dengan lancar

RINA KURNIASARI

Perasaan Saya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sebagai KM, Wakil Ketua OSIS, Pradani Pramuka, Anggota Pasus dan sekertaris Koperasi sangat membanggakan dan membuat saya berbahagia, karena Saya merasa banyak ilmu dan pengalaman yang Saya dapat dan dapat bermanfaat bagi orang lain. 

WIWIN SAWINAH

Perasaan saya antusias mengikutinya 

YUSI PEBRUANTI

Saya merasa senang dan bersemangat.

SUMARNI .

Sangat senang dan bangga menjadi anggota pramuka

JUHRIANSYAH (Rian)

Senang dan menantang.

SANDI NUR CAHYATIKA ADITYA

Sangat bahagia

FITRIA AGUSTINI

Saya sangat senang mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut karena tentu kegiatan tersebut dilakukan di luar kelas, banyak aktivitas yang bisa saya lakukan, saya bisa mengeksplorasi diri hal-hal apa yang bisa saya dapat dari kegiatan kepramukaan, basket, teater, maupun pentas seni, dan study tour.

ASEP NANDAR CGP Angkatan 4

Perasaan saya sangat bangga dan bahagia karena merupakan kebangaan tersendiri bisa terpilih menjadi ketua OSIS, dengan menjadi ketua OSIS maka saya harus bisa berlatih untuk memanage waktu dengan baik. Karena bagi saya, sekolah adalah yang utama. Jadi jangan sampai karena ikut organisasi maka prestasi saya malah menurun. 

FENI FEBRYANI ZAMAN CGP Angkatan 4 Kota Bandung

Saya sangat senang dan bahagia dipercaya oleh teman-teman terpilih sebagai ketua dan wakil ketua saat itu. Saya pun merasa harus menjaga kepercayaan teman-teman dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya saat itu.

DADI SULISTIYATI DADI SULISTIYATI

Saya merasa sangat rileks dan bebas ketika mengikuti ekskul tersebut, karena latihan dilaksanakan di lapangan rumput, tanpa alas kaki, dilatih oleh kakak kelas, menggunakan pakaian yang nyaman dan bisa mengeluarkan emosi saat berlatih.

TINNA DEWI FITRIANA

Bahagia ,senang bercampur jadi satu

AGUS GUSTIAWAN

Perasaan saya saat itu sangat bahagia dan menjadi kegiatan favorit saya tunggu setap minggunya karena menjadi waktu saya bermain dan belajar. Belajar berkomunikasi, keteramplan dan belajar memimpin.  Pada kegatan pramuka saat itu benar-benar saya sangat bahagia/bergembira sebab dapat bermain sambl belajar secara nyata.

ADINDA KHOERUNNISA

Saya sangat bersyukur dapat mengikuti berbagai program tersebut, karena saya mempunyai kesempatan untuk belajar berbagai hal yang tidak saya dapatkan dalam kelas.

DJUANGSIH DEWI KURNIASARI

Tentunya perasaan saya sangat senang dan bangga bisa mewakili teman-teman di sekolah untuk mengikuti lomba gerak jalan tersebut dan mendapat juara 1. Dan perasaan saya sebagai bendahara OSIS saya juga merasa senang karena sudah diberikan tanggung jawab oleh teman - teman.



JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Senang, bersemangat, ingin selalu aktif, termotivasi

YANI PURBANINGRUM YANI PURBANINGRUM

Mengikuti kegiatan - kegiatan pengembangan diri di sekolah selalu memberikan semangat tersendiri bagi diri saya. Ketika saya bisa melakukan sesuatu yang saya sukai, sesibuk apapun kegiatan saya, saya tetap bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Bahkan semakin padat kegiatan saya dalam organisasi, nilai -nilai mata pelajaran di kelas justru semakin baik. Ini juga menjadi satu hal yang hingga saat ini masih menjadi pertanyaan bagi diri saya pribadi. Kesimpulan yang bisa saya tarik adalah rasa bahagia ketika melakukan sesuatu hal, akan berdampak pada hal lain di sekitarnya.

 

 

4

Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?

Respondent

Response

AKBAR ZAMIL

Hal yang membuat saya terkesan, dalam proses kegiatan ekstrakurikuler saya mendapat banyak kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat saya, kegiatan bersosialisasi dengan teman yang berbeda kelas, lintas angkatan dan para pelatih yang membimbing. 

DESI TRIYANI

Pengalaman saya menjadi anggota ekstrakurikuler PASKIBRA sangat menyenangkan dan berkesan karena saya mendapatkan banyak sekali pengalaman-pengalaman baru mengenai bagaimana tata upacara dan mempunyai kesempatan menjadi petugas upacara, bahkan menjadi pengibar bendera ketika Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di sekolah. Selain itu saya mendapatkan teman dengan solidaritas yang tinggi. Dalam kegiatan ini saya merasa mental saya pun dilatih agar menjadi lebih kuat.

GEGET MULYANA

Pengalaman mengikuti program sepak bola tersebut berkesan karena saya sempat mengikuti seleksi tim sepakbola untuk mewakili sekolah (walaupun gagal)

IWAN SETIAWAN

Saya merasa telah melakukan sesuatu untuk sekolah saya. Saya dulu ikut mengharumkan nama sekolah ketika mengikuti Lomba Cerdas Cermat melalui salah satu kegiatan tersebut. Perasaan menjadi seseorang yang "berguna" benar-benar membuat saya bahagia.

R. GANTRINA WULANSARI

karena saya menyukai kegiatan tersebut , dan hal itu sangat berarti untuk saya 

RIFAL RINALDI

karena kemampuan siswa nampak terlihat pada kegiatan pentas seni tersebut

RINA KURNIASARI

Pengalaman tersebut sangat berkesan, karena Saya memperoleh banyak ilmu dan keterampilan bagaimana memimpin orang lain, memanage waktu, dan bisa berbagi ilmu dengan teman-teman. Saya belajar untuk menghargai orang lain dan menghadapi berbagai karakter teman dan berusaha untuk bersikap adil dan bijaksana dan menjadi contoh bagi teman-teman.

WIWIN SAWINAH

Karena dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sangat menyenangkan 

YUSI PEBRUANTI

karena dengan mengikuti kegiatan tersebut saya dapat menambah teman, belajar berkomunikasi secara terstruktur, dan belajar berkolaborasi dalam membuat suatu program.

SUMARNI .

Kegiatan kepramukaan (berkemah) memberikan banyak pengalaman yang luar biasa berkesan, mengenal alam sekira, belajar bekerja sama dalam kehidupan nyata, belajar memenuhi kebutuhan sendiri, mandiri, disiplin dan kekeluargaan yang sangat menyenangkan

JUHRIANSYAH (Rian)

Pengalaman tersebut berkesan untuk saya karena di sana dipertaruhkan kemampuan saya dalam mengkoordinasikan kegiatan supaya dalam pelaksanaanya berjalan lancar, sesuai dengan yang diharapkan oleh semua.

SANDI NUR CAHYATIKA ADITYA

Karena banyak pengalaman baru, permaianan dan kegiatan diluar pembelajaran akademik melatih kemandirian dan berorganisasi jadi banyak teman

FITRIA AGUSTINI

Berkesan karena apa yang saya lakukan adalah hal yang saya sukai, kedua karena kegaitan tersebut tidak menuntut kita belajar di kelas tetapi kita belajar dengan lingkungan sekitar seperti pramuka saya belajar bagaimana saya bisa mendirikan tenda, hidup di alam terbuka hal ini begitu mengasikan. Saat saya melakukan aktivtitas baskes, saya merasa senang bermain dan berolahra, lalu pada kegiatan teater saya sangat suka bermain watak, dan pada kegiatan pentas seni saya belajar bagaimana menyusun acara akan menjadi tontonan yang tidak monoton. Selain itu kegiatan study tour merupakan pengalaman yang benar-benar menyenangkan karena kita bisa mengunjungi tempat-tempat baru, melihat2 museum, belajar dari tempat-tempat yang kita kunjungi.

ASEP NANDAR CGP Angkatan 4

Sangat berkesan, karena pada saat menjabat menjadi Ketua OSIS, saya dan rekan-rekan diberi tanggung jawab dan kepercayaan penuh dari sekolah untuk mengadakan acara siswa, dan kami benar-benar terlibat penuh , spereti merencakan acara study tour, dari mulai merencanakan, menyusun anggaran, mengumpulkan dan mencari anggaran, menentukan tempat study tour, berhubungan dengan travel, sampai bisa membantu rekan-rekan yang tdak sanggup membayar, semua kita kerjakan secara mandiri tentunya dengan bimbingan Guru. Hal itu menjadi pengalaman yang berharga bagi kami.

FENI FEBRYANI ZAMAN CGP Angkatan 4 Kota Bandung

Pengalaman tersebut sangat membuat saya terkesan karena saat itulah saya belajar menjadi seorang pemimpin (ketua puteri Tim Paskibra SMA) dan wakil ketua OSIS 1, serta dirigen dalam Paduan Suara. Alhamdulillah dengan bimbingan guru- guru di SMAN 1 Sumber, Kabupaten Cirebon, saya dan teman-teman mendapatkan juara 1 lomba Paskibra, Juara 1 TUB (Tata Upacara Bnedera) dan Paduan Suara tingkat SMA se-Kabupaten Cirebon. Kami pun selalu tampil dalam Upacara HUT RI 17 Agustus di Lapangan Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon. Kemduian yang memuat saya lebih berkesan lagi, dalam ekstrakurikuler Majalah Dinding SMAN 1 Sumber, Kabupaten Cirebon, kami dibimbing materi tentang Dasar-Dasar Jurnalistik, sampai-sampai ada sebuah lomba kejurnalistikan yang membuat saya menjadi Juara 2 (Lomba secara Individu) di sekolah, yang akhirnya saya dapat berkesempatan untuk menjadi Penyiar Radio di “Is Radio Cirebon” saat kelas 3 SMA, sebagai salah satu hadiah atau reward Juara 2 lomba  tersebut. Rasanya bahagia sekali dapat belajar di luar sekolah dengan materi pembelajaran yang berbeda yaitu ilmu tentang Announcer yang sebelumnya belum saya pelajari sama sekali.

DADI SULISTIYATI DADI SULISTIYATI

Pengalaman ini berkesan karena saya merasa lebih nyaman dan bahagia ketika melaksanakan kegiatan ini. Selain itu saya mendapat banyak teman ketika melakukan latihan bersama grup karate.

TINNA DEWI FITRIANA

karena bisa tampil dalam acara acara penting di universitas

AGUS GUSTIAWAN

Seperi alasan pada jawaban no 3. alasan saya bahagia dan gembira adalah:

  1.  Dapat bertemu temu dengan teman teman di luar kelas bahkan bisa di tempat yang baru (bukit, pegunungan  bahkan sungai)
  2. Dapat bermain sambl belajar
  3. Menemukan materi di luar jam mata pelajaran, seperti: morse, semaphore, tali temal, cara mendirkan tenda, cara memasak, cara menyebrang sungai, cara mengukur lebar sunga dan banyka lagi materi yang bermanfaat
  4. Saya dapat belajar bertanggung jawab
  5. saya dapat belajar menjadi pemimpin

ADINDA KHOERUNNISA

Berbagai program yang saya ikuti tersebut sangat berkesan untuk saya, karena saya dapat memperolah banyak teman, berbagi pengalaman, belajar berkolaborasi dan berkomunikasi dengan banyak orang.

DJUANGSIH DEWI KURNIASARI

Pengalaman tersebut mengesankan karena semua kegiatan Ekstrakurikuler membuat saya  banyak teman dari kelas lain. Pengalaman itu berkesan karena saya merasa memiliki pengalaman baru menjadi komandan regu yang harus memimpin barisan. dan harus dapat menjaga kekompakan. Dari pengalaman mengikuti lomba ini saya merasakan kebersamaan dengan teman-teman. 



JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Karena pengalaman tersebut tidak akan datang dua kali, jadi setiap ada kesempatan harus dimanfaatkan

YANI PURBANINGRUM YANI PURBANINGRUM

Semua kegiatan yang saya ikuti ketika saya menjadi seorang murid sangat berkesan bagi saya. Saya melakukan kegiatan yang saya sukai, saya memimpin organisasi besar di sekolah, saya berkomunikasi dengan orang - orang di luar sekolah. Semua itu menjadi sebuah kenangan indah bagi saya. Ketika kuliah pun, ketika kemampuan komunikasi diasah dengan menjadi MC di berbagai kegiatan kampus, ternyata berdampak luar biasa bagi kepribadian saya yang introvert.

Total responses to question

22/22

5

Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Respondent

Response

AKBAR ZAMIL

Saat mengikuti kegiatan ektrakurikuler ini  membuat saya senang ketika berangkat sekolah, lebih semangat dan memberikan pelajaran tentang tanggung jawab dan kemandirian.

DESI TRIYANI

Pembelajaran yang saya ambil dari kegiatan PASKIBRA ini adalah:

  • Penguatan lahir dan bathin
  • Penguatan mental dan fisik juga 
  • Dilatih disiplin
  • Memperkuat rasa bangga dan cinta terhadap tanah air Indonesia
  • Dilatih solidaritas
  • Dilatih kekompakan, kerjasama
  • Dilatih saling menghargai
  • Dilatih kemandirian

GEGET MULYANA

Pembelajaran yang bisa saya ambil adalah meskipun kita  mengikuti program sesuai minat namun tetap saja kita harus berdo'a, bekerja keras, disiplin dan  serius agar menjadi sukses.

IWAN SETIAWAN

Banyak sekali pembelajaran yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Saya menjadi lebih percaya diri, mandiri, solutif dan menjadikan saya mempunyaivalue yang tidak dimiliki orang lain yang mungkin tidak pernah mengikuti sebuah kegiatan organisasi sebelumnya.

R. GANTRINA WULANSARI

dari pramuka , banyak oilmu yang saya dapat , misanya cara bergaul dengan teman, cara hidup di hutan seperti apa, atau bertahan di hutan itu seperti apa. dan dengan menari karena kebetulan hobi saya menari, saya jadi merasa tergali untuk lebih berkarya lagi

RIFAL RINALDI

Semua orang dapat mengekpresikan sesuai dengan hobi dan keinginannya masing-masing, pada saat kegiatan pensi siswa lebih berpekspresi dalam kegiatan tersebut

RINA KURNIASARI

Pembelajaran yang Saya ambil adalah mengenai Kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian, kreatifitas dan kerjasama. karena saya berada dalam lingkungan kelompok-kelompok Siswa yang masing-masing punya karakter yang berbeda dan sebagai salah seorang pemimpin, Saya berusaha untuk bersikap baik dan bisa mengambil suatu keputusan yang tepat, selain itu bagaimana agar dapat mengelola waktu antara belajar dan kegiatan lainnya.

WIWIN SAWINAH

Karena banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan baik Pramuka, PMR, maupun pencak silat

YUSI PEBRUANTI

Pembelajaran yang dapat saya ambil yaitu bahwa untuk menumbuhkan dan menguatkan karakter murid itu tidak cukup hanya dengan kegiatan belajar mengajar di kelas tetapi murid juga perlu diberikan wadah atau tempat untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

SUMARNI .

Belajar mandiri, kerja sama, disiplin, hidup tidak mudah,  pekerjaan rumah(orang tua) sangat banyak dan susah

JUHRIANSYAH (Rian)

Pembelajaran yang saya ambil dari kegiatan/ program tersebut adalah belajar tentang tanggung jawab, menjaga kepercayaan, memberikan yang terbaik, dan bersikap ikhlas dalam melaksanakan tugas yang telah diamahkan.

SANDI NUR CAHYATIKA ADITYA

Bahwa kemampuan diluar akademik sangat diperlukan sebagai bekal untuk menyiapkan masa depan

FITRIA AGUSTINI

Pembelajaran yang saya ambil adalah bagaimana menyenangkannya jika belajar tidak hanya di kelas, kita bisa mengeksplor lingkungan-lingkungan sekitar kita. Selain itu bagaimana kita bisa terlibat langsung dalam kegiatan itu berpartisipasi aktif dan juga melakukan kegiatan sesuai dengan yang kita sukai hal itu lebih membuat kita merasa termotivasi dan selalu diingat.

ASEP NANDAR CGP Angkatan 4

Pembelajaran yang saya dapat adalah dengan kepercayaan penuh Guru terhadap kami para murid sebagai Pengurus OSIS, dalam melakukan kegiatan tingkat sekolah. Hal ini memberikan pengalaman yang luar biasa buat saya dan rekan-rekan pengurus OSIS, karena kami bisa mandiri untuk mengadakan acara siswa di sekolah. Dengan kepercayaan penuh dari Guru membuat kita menjadi kreatif, dan mandiri untuk melaksanakan kegiatan siswa di sekolah. Pengalaman dalam berorganisasi memberikan sikap kemandirian dan keterampilan dalam hidup bermasyarakat.  

FENI FEBRYANI ZAMAN CGP Angkatan 4 Kota Bandung

Pembelajaran yang dapat saya ambil dari program di atas tersebut adalah saya belajar lebih disiplin saat SMA, kemudian saya juga belajar kepemimpinan murid, belajar berkolaborasi dengan teman yang ada dalam tim program yang sama, dekat dengan guru, mendapat bimbingan langsung dari Guru Pembina masing-masing ektrakurikuler yang satu sama lain berbeda guru, berbeda pula ilmu yang disampaikan. Saya juga mendapat pengalaman yang sangat berharga dari program tersebut, bahagia karena dapat memberikan sekolah Piala Kejuaraan bersama teman-teman tim ekstrakurikuler yang mengikuti program tersebut, serta saya juga bahagia karena saya dulu sangat aktif di SMA, guru-guru selalu mengingat saya sampai sekarang.

DADI SULISTIYATI DADI SULISTIYATI

Pembelajaran yang bisa saya ambil adalah ketika kita bahagia kita akan lebih mudah belajar. 

TINNA DEWI FITRIANA

Karena biasanya bila ada acara  acara besar di kampus .kita selalu diikutsertakan .

AGUS GUSTIAWAN

Pembelajaran yang dapat diambil pada kegiatan pramuka saat itu:

  1. Menemukan materi di luar jam mata pelajaran, seperti: morse, semaphore, tali temal, cara mendirkan tenda, cara memasak, cara menyebrang sungai, cara mengukur lebar sunga dan banyka lagi materi yang bermanfaat
  2. Saya dapat belajar bertanggung jawab
  3. saya dapat belajar menjadi pemimpin

ADINDA KHOERUNNISA

Dengan mengikuti program pramuka saya lebih cekatan dan mandiri, dengan mengikuti paskibra saya belajar untuk lebih disiplin, dengan mengikuti ikatan remaja mesjid saya banyak belajar agama lebih dalam lagi.

DJUANGSIH DEWI KURNIASARI

Pembelajaran yang dapat diambil dari kegiatan gerak jalan saya belajar menjadi pemimpin, yang harus bisa menciptakan keharmonisan satu sama lain. Pembelajaran yang saya ambil dari kegiatan OSIS, saat menjadi bendahara ini juga mengajarkan saya menjadi orang yang jujur dalam mengelola keuangan, saat ada berbagai acara.

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Paskibra mengajarkan saya untuk kerjasama, kompak, setia kawan, 1 suara dan 1 komando. Dalam OSIS pun sama, kita diajak untuk menjadi contoh yang baik bagi adik kelas

YANI PURBANINGRUM YANI PURBANINGRUM

Saya belajar memimpin, merancang kegiatan, sekaligus sebagai pelaku kegiatan, reflektor, dan komunikator antara organisasi dan sekolah. Saya senang ketika suatu kegiatan yang saya dan rekan - rekan saya susun disetujui oleh sekolah dan akhirnya kami bisa menyumbangkan nama baik bagi sekolah. Saya juga menyadari sekarang bahwa, ternyata hal itu membuat saya belajar manajemen konflik sejak dini. Komunikasi adalah kunci utama kelancaran kegiatan.

Total responses to question

22/22

6

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?

Respondent

Response

AKBAR ZAMIL

Pengalaman sewaktu itu membuat banyak perubahan dan pendewasaan bagi saya. Hingga saat sekarang saya mampu mengelola diri dengan baik, menunjukkan kepemimpinan dan kemandirian yang baik.

DESI TRIYANI

Pengalaman mengikuti kegiatan PASKIBRA pada masa sekarang berdampak bahwa saya merasa saya dapat menjadi mandiri, lebih fokus terhadap tujuan, cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia, saya menghargai perbedaan dalam kehidupan, saya memahami bahwa kerjasama itu perlu disertai kekompakan tanpa mengesampingkan solidaritas. 

GEGET MULYANA

Adapun pengalaman tersebut berdampak pada saya adalah  dalam mengarah murid saya sekarang bahwa dalam memilih program ektrakurikuler harus sesuai dengan yang diminati.

IWAN SETIAWAN

Dampak yang nyata yang saya rasakan ketika kemudian saya menjadi guru sekarang adalah saya ingin murid-murid saya merasakan kebahagiaan dan perasaan bangga yang pernah saya rasakan dulu. Saya ingin mereka melalui pengalaman yang sama seperti yang saya alami.

R. GANTRINA WULANSARI

saya menjadi seseorang yang mandiri , bisa bersaing dan , saya menyukai seni tari , yang bisa saya berikan untuk anak didik saya

RIFAL RINALDI

kita mendukung kebutuhan murid selama itu hal yang baik atau postif

RINA KURNIASARI

Alhamdulillah dengan berbagai pengalaman yang pernah Saya alami, Dapat membentuk karakter Saya yang disiplin dan bertanggung jawab, juga selalu semangat belajar. Walaupun usia saya sudah tidak muda lagi, tapi Saya selalu bersemangat untuk belajar dan memperbaiki diri.

WIWIN SAWINAH

Pengalaman ini berdampak kepada saya karena dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat mengajarkan saya kepemimpinan, kemandirian, dan bertahan hidup.

YUSI PEBRUANTI

Dampak yang  saya rasakan dari pengalaman mengikuti ekstrakurikuler OSIS adalah saya lebih percaya diri dan berani mengemukakan pendapat di sebuah forum.

SUMARNI .

Banyak membantu orang tua dalam pekerjaan sehari-hari

JUHRIANSYAH (Rian)

Pengalaman tersebut sangat berdampak pada saya sekarang. Saya jadi sadar bahwa setiap orang bisa melakukan sesuatu asalkan diberikan kepercayaan penuh. Murid pun bisa menjadi pemimpin, minimal pemimpin bagi dirinya sendiri dalam mengembangkan potensi yang ada.

SANDI NUR CAHYATIKA ADITYA

Lebih terlatih, mandiri, dan dapat berorganisasi dan sosial

FITRIA AGUSTINI

Hal yang berdampak pada diri saya sekarang, saya selalu berharap bisa membuat pembelajaran yang membuat murid-murid saya senang dan termotivasi untuk belajar. Agar-agar ilmu-ilmu yang diberikan oleh saya bisa berdampak dan bermanfaat bagi mereka.

ASEP NANDAR CGP Angkatan 4

Pengalaman berorganisasi membuat saya mempunyai sikap mandiri, belajar membagi waktu dengan baik, hidup bermasyarakat, dan semua itu sangat bermanfaat sekali karena pada saat ini saya menjadi seorang Guru. 

FENI FEBRYANI ZAMAN CGP Angkatan 4 Kota Bandung

Program tersebut berdampak sangat baik untuk saya sekarang. Dulu, ketika ada lomba, guru saya mengajarkan untuk berusaha secara optimal dalam latihan menjelang lomba. Program ektrakurikuler yang sangat mengedepankan karakter baik bagi kami, Dampak baik tersebutlah yang membuat saya sekarang menjadi pekerja keras, pantang menyerah, suka dengan belajar, jujur, berjiwa pemimpin dan berkarakter baik.

DADI SULISTIYATI DADI SULISTIYATI

Bercermin dari pengalaman tersebut, saya berusaha membuat anak murid saya merasa nyaman, percaya diri, membangun rasa percaya, dan membuat anak merasa senang ketika proses belajar.

TINNA DEWI FITRIANA

dalam sebuah komunitas ternyata diperlukan kekompakan,kolaborasi yang baik ,yang akan membuat tim kita menjadi semakin solid.

AGUS GUSTIAWAN

Pengalaman ketka aktif ekskul Pramuka saat di SMP yang berddampak sapai sekarang adalah:

  1.  saya selalu ingin menjad manusia yang berguna bagi orang lain dengan cara membantu orang lain sesuai kemapuan saya
  2. saya selalu  ingin berkreasi membuat sesuatu yang berguna
  3. saya mampu memimpin menjadi RT
  4. saya mampu memimpin rapat
  5. saya mempu member semanagat/memtivasi murid
  6. saya dapat menjadi pemimpin d keluarga saya

ADINDA KHOERUNNISA

Dampaknya saya menjadi pribadi yang mandiri, pantang menyerah dalam mengadapi masalah, ulet dalam mengerjakan suatu hal.

DJUANGSIH DEWI KURNIASARI

Pengalaman tersebut membuat saya menjadi orang yang mudah bergaul, bisa bergabung dengan siapa saja di suatu komunitas ataupun di sekolah dan di lingkungan masyarakat. Pengalaman tersebut juga menjadikan saya belajar jadi pemimpin di suatu komunitas belajar saat ini.



JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Dari Paskibra saya menjadi sosok yang tertib, mengikuti aturan, kompak dan senang bekerjasama. Dari OSIS saya belajar bagaimana kita bersikap, menjadi contoh adik kelas, dan cara berorganisasi

YANI PURBANINGRUM YANI PURBANINGRUM

Bergabung dalam berbagai organisasi sejak dini menjadikan saya pribadi yang lebih luas salam pemikiran, lebih tenang dalam menghadapi konflik, lebih memahami bahwa setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda dan kita tidak bisa memaksakan pendapat, tapi bagaimana perbedaan dalam organisasi itu bisa diakomodir dengan baik, sehingga bisa menjadi kekuatan organisasi. Lalu saya juga memahami bahwa, tidak semua orang akan senang dengan kita, dan kita tidak perlu merayu nya.

  

 

Perubahan Petunjuk Teknis Pengelolaan Blangko Ijazah Tahun Peljaran 2023/2024

  Perubahan Petunjuk Teknis Pengelolaan Blangko Ijazah Tahun Ajaran 2023/2024 Petunjuk teknis penulisan ijazah tahun ajaran 2023/2024 telah ...