Pertanyaan Pemantik
- Apa yang saya telah ketahui tentang program yang berdampak pada murid?
- Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan student agency (kepemimpinan murid)?
- Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?
Bapak dan Ibu calon guru penggerak,
Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri. Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.
Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini.
Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.
Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Tanggapan ini bersifat urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan dinilai.
Mulai dari Diri
Saat Bapak/Ibu
bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di
sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler,
kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan
intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang
dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur
program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam
pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap
mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler
merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman
kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran,
kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain
yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan
ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di
luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah
bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk
mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan
kemandirian murid.
Nah, sekarang kami
ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman
bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi
murid tersebut. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1
Apa
kegiatan/programnya?
Respondent |
Response |
Kegiatan Ekstrakurikuler
sewaktu di SMP, saya mengikuti ekstrakurikuler Paskibra |
|
Pengalaman yang paling
berkesan adalah pada waktu saya SMP saya mengikuti program/kegiatan
ekstrakurikuler PASKIBRA (Pasukan Pengibar Bendera). |
|
waktu itu saya mengikuti
kegiatan program sepak bola |
|
Program yang dibuat, disusun
dan disepakati oleh sekolah dari data hasil analisis kebutuhan peserta didik
dijadikan sebagai rujukan seperti minat. Pengembangan potensi/kekuatan/sumber
daya manusia khususnya murid menjadi sasaran utama program sekolah yang
berdampak murid. seperti Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah antara
lain Pramuka, PMR, Karya Ilmiah Remaja, Sepak bola, Bola Voli, Basket, Tari,
Upacara bendera |
|
pada masa sekolah saya pernah
mengikuti kegiatan extrakurikuler , yaitu pramuka dan seni tari |
|
Kegiatan Pentas Seni SMA YWKA |
|
1. KM saat kelas 2 SMA.
Memimpin kelas 2 A4 ( Kelas Biologi) 2. OSIS Di SMAN Cimindi
Bandung, dimana Saya aktif dalam kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas
Siswa di luar KBM. Dan banyak Program yang dilaksanakan selama Saya ikut OSIS 3. Pramuka Di SMAN Cimindi,
Banyak pelajaran dan pengalan yang berharga yang di dapat selama Saya
mengikuti Pramuka 4. PASUS di SMAN Cimindi,
merupakan organisasi Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra) 5. Koperasi Siswa. Mengelola
Simpan pinjam dana siswa di Koperasi |
|
Pada saat Sekolah SD dan SMP
mengikuti kegiatan Pramuka dan SMA mengikuti kegiatan PMR dan Pencak silat |
|
Kegiatan ekstrakurikuler yang
saya ikuti adalah menjadi anggota OSIS. |
|
Kegiatan pramuka / kemping
(berkemah) |
|
Kegiatannya adalah melatih
petugas upacara bendera untuk upacara setiap hari Senin (waktu SMP). |
|
Pramuka |
|
Kegiatan saya waktu saya
menjadi murid saya baru aktif mengikuti kegiatan di sekolah itu waktu SMP,
saya mengikuti kegiatan pramuka, dan olahraga basket. lalu pada saat SMA saya
mengikuti kegiatan teater, basket, dan kegiatan pentas seni yang ada di
sekolah. Selain itu juga saya suka mengikuti kegiatan studi tour yang diadakan
di sekolah. |
|
Pada
saat SMP, saya menjadi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Semua
kegiatan sekolah yang berhubungan dengan siswa, menjadi tanggung jawab
pengurus OSIS. |
|
Ketika saya sekolah SMA (SMAN
1 Sumber, Kabupaten Cirebon) saya mengikuti program ekstrakurikuler OSIS,
ekstrakurikuler Paskibra, paduan Suara, dan Mading (Majalah Dinding). |
|
Saya terlibat dalam program
ekskul Pencak Silat |
|
Dies Natalis/PSM UNPAD |
|
Pada tahun 1985 saat duduk di
bangku SMP, saya aktif di program sekolah berupa kegatan ekstrakurikuler
PRAMUKA. |
|
Pada saat saya sekolah di SD,
SMP saya aktif mengikuti program kepramukaan, sedangkan saat SMA saya
mengikuti ekskul paskibra dan ikatan remaja mesjid. Sedangkan kegiatan
kokulikuler saat SMA saya mengikuti program ilmu teknologi dan
komunikasi. |
|
Pada saat jadi murid SMP saya
mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Volly, dan pada saat SMA saya mengikuti
ekstrakurikuler PMR. Saya juga mengikuti kegiatan OSIS saat dibangku SMA.
|
|
Mengikuti kegiatan Paskibra
saat SMP, dan menjadik seksi pendidikan di OSIS saat SMA |
|
beberapa
kegiatan yang diikuti ketika saya menjadi seorang murid : SD :
lomba sinopsis, membaca puisi, pramuka, hiking SMP : PBB (Pelatihan Baris
Berbaris), tim basket SMA : Paskibraka, Teater,
Pramuka |
|
Total
responses to question |
22/22 |
2
Berperan sebagai apa
Bapak/Ibu saat itu?
Respondent |
Response |
Sebagai anggota pada saat
kelas 7, anggota senior di kelas 8 dan 9 |
|
Dalam program/kegiatan
ekstrakurikuler PASKIBRA tersebut peran saya adalah sebagai anggota. |
|
saya berperan sebagai peserta |
|
Pada saat itu saya berperan
sebagai Staf Kesiswaan yaitu koordinator ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler dan
memberikan pembinaan tentang nilai nilai kepramukaan dan Paskibra sekolah,
dan juga membuat peta konsep pembinaan siswa dalam membentuk karakter dan
budaya sekolah |
|
saya berperan sebagai anggota
pramuka , dan peserta penari tarian tradisional dan kontemporer |
|
Ketua Pelaksana |
|
1. Sebagai KM, Saya memimpin
Siswa yang ada di kelas dan mengelola Kelas 2.Saya berperan sebagai Wakil
Ketua OSIS, dimana saya berbagi Tugas dengan ketua OSIS untuk memimpin Siswa
di dalam kegiatan yang berkaitan dengan program-program kesiswaan 3. Saya berperan Sebagai Pradani, Ketua Kelompok Pramuka
Perempuan. Dan memimpin pasukan pramuka perempuan di dalam melaksanakan
kegiatan-kegiatan kepramukaan. 4. Saya berperan sebagai
Bagian pengibar Benderanya 5. saya berperan sebagai
sekertaris koperasi. yang mencatat Simpan Pinjam Koperasi siswa |
|
Di ke pramukaan dan PMR saya
berperan sebagai anggota, sedangkan Pencak silat saya berperan sebagai
murid |
|
Saya berperan sebagai seksi
bidang prestasi akademik |
|
Peserta /Anggota pramuka |
|
Saya sebagai koordinator
kegiatan tersebut. |
|
Sebagai peserta dan wakil
ketua |
|
Saya berperan sebagai anggota
dari semua kegiatan yang saya ikuti. tetapi pada kegiatan pentas seni waktu
SMA saya dipercaya sebagai sie. acara dalam kegiatan tersebut. |
|
Dalam pengurus OSIS saya
menjabat sebagai Ketua OSIS yang bertanggung jawab terhadap kegiatan siswa di
sekolah maupun di luar sekolah. |
|
Ketika SMA (SMAN 1 Sumber,
Kabupaten Cirebon), saya sebagai Wakil Ketua OSIS 1, di dalam ekstrakurikuler
PAskibra saya sebagai Bu Lurah (Ketua Paskibra Puteri), Paduan Suara saya
sebagai dirigen (Pemimpin Lagu), dan dalam organisasi Mading saya sebagai
koordinator hasil karya teman-teman. |
|
Sebagai anggota (murid) |
|
penyanyi dalam grup Paduan
suara mahasiswa |
|
waktu menjadi anggota pramuka
penggelang tahun 1985 saya berperan sebagaii wakil pimpinan regu. |
|
Pada program pramuka saya
berperan sebagai koordinator putri, paskibra berperan sebagai sekretaris,
ikuatan remaja mesjid berperan sebagai anggota, dan program ilmu teknologi
dan komunikasi sebagai anggota. |
|
Pada saat SMA saya
pernah berperan sebagai komandan dalam lomba Gerak Jalan yang diadakan oleh
Dinas Pendidikan Kota Bandung. Alhamdulilah regu saya mendapat juara satu se
kota Bandung. Saat SMA di OSIS saya juga berperan sebagai bendahara OSIS.
|
|
Saat di Paskibra menjadi
anggota, di OSIS menjadi seksi pendidikan. |
|
SD : sebagai pelaksana /
anggota SMP : PBB (Pelatihan Baris
Berbaris) sebagai pelatih bagi adik kelas SMA : Paskibraka (anggota dan
tim humas), Teater (pemain dan sutradara), Pramuka (Ketua) |
|
|
|
3
Bagaimana perasaan
Bapak/Ibu saat itu?
Respondent |
Response |
Sangat bahagia pernah aktif
dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan diluar jam pelajaran
tersebut. |
|
Perasaan saya pada saat itu
adalah sangat senang dan bangga sekali. |
|
perasaan saya sangat senang
karena sepakbola sesuai dengan minat saya |
|
Saya sangat bahagia dapat
aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Perasaan menjadi
"berguna" atau berkontribusi benar-benar membuat saya bahagia
meskipun lelah karena harus pulang lebih sore dari teman-teman saya yang
lain. Terkadang harus latihan dalam terik matahari. Tapi, saya benar-benar
merasakan bahagia kala itu. |
|
saya merasa senang dengan
kegiatan tersebut, selain menambah ilmu dan teman , saya juga bisa menggali
potensi yang ada pada diri saya / menggali minat dan bakat saya . |
|
Bangga, Karena di percaya
menjadi ketua, dan kegiatan terlaksana dengan lancar |
|
Perasaan Saya dengan
mengikuti kegiatan-kegiatan sebagai KM, Wakil Ketua OSIS, Pradani Pramuka,
Anggota Pasus dan sekertaris Koperasi sangat membanggakan dan membuat saya
berbahagia, karena Saya merasa banyak ilmu dan pengalaman yang Saya dapat dan
dapat bermanfaat bagi orang lain. |
|
Perasaan saya antusias
mengikutinya |
|
Saya merasa senang dan
bersemangat. |
|
Sangat senang dan bangga
menjadi anggota pramuka |
|
Senang dan menantang. |
|
Sangat bahagia |
|
Saya sangat senang mengikuti
kegiatan-kegiatan tersebut karena tentu kegiatan tersebut dilakukan di luar
kelas, banyak aktivitas yang bisa saya lakukan, saya bisa mengeksplorasi diri
hal-hal apa yang bisa saya dapat dari kegiatan kepramukaan, basket, teater,
maupun pentas seni, dan study tour. |
|
Perasaan saya sangat bangga
dan bahagia karena merupakan kebangaan tersendiri bisa terpilih menjadi ketua
OSIS, dengan menjadi ketua OSIS maka saya harus bisa berlatih untuk memanage
waktu dengan baik. Karena bagi saya, sekolah adalah yang utama. Jadi jangan
sampai karena ikut organisasi maka prestasi saya malah menurun. |
|
Saya sangat senang dan
bahagia dipercaya oleh teman-teman terpilih sebagai ketua dan wakil ketua
saat itu. Saya pun merasa harus menjaga kepercayaan teman-teman dengan
melaksanakan tugas dengan sebaik-sebaiknya saat itu. |
|
Saya merasa sangat rileks dan
bebas ketika mengikuti ekskul tersebut, karena latihan dilaksanakan di
lapangan rumput, tanpa alas kaki, dilatih oleh kakak kelas, menggunakan
pakaian yang nyaman dan bisa mengeluarkan emosi saat berlatih. |
|
Bahagia ,senang bercampur
jadi satu |
|
Perasaan saya saat itu sangat
bahagia dan menjadi kegiatan favorit saya tunggu setap minggunya karena
menjadi waktu saya bermain dan belajar. Belajar berkomunikasi, keteramplan
dan belajar memimpin. Pada kegatan pramuka saat itu benar-benar saya
sangat bahagia/bergembira sebab dapat bermain sambl belajar secara nyata. |
|
Saya sangat bersyukur dapat
mengikuti berbagai program tersebut, karena saya mempunyai kesempatan untuk
belajar berbagai hal yang tidak saya dapatkan dalam kelas. |
|
Tentunya perasaan saya sangat
senang dan bangga bisa mewakili teman-teman di sekolah untuk mengikuti lomba
gerak jalan tersebut dan mendapat juara 1. Dan perasaan saya sebagai
bendahara OSIS saya juga merasa senang karena sudah diberikan tanggung jawab
oleh teman - teman.
|
|
Senang, bersemangat, ingin
selalu aktif, termotivasi |
|
Mengikuti
kegiatan - kegiatan pengembangan diri di sekolah selalu memberikan semangat
tersendiri bagi diri saya. Ketika saya bisa melakukan sesuatu yang saya
sukai, sesibuk apapun kegiatan saya, saya tetap bisa mengikuti kegiatan
pembelajaran dengan baik. Bahkan semakin padat kegiatan saya dalam organisasi,
nilai -nilai mata pelajaran di kelas justru semakin baik. Ini juga menjadi
satu hal yang hingga saat ini masih menjadi pertanyaan bagi diri saya
pribadi. Kesimpulan yang bisa saya tarik adalah rasa bahagia ketika melakukan
sesuatu hal, akan berdampak pada hal lain di sekitarnya. |
|
|
|
4
Mengapa pengalaman
tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?
Respondent |
Response |
Hal yang membuat saya
terkesan, dalam proses kegiatan ekstrakurikuler saya mendapat banyak
kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat saya, kegiatan bersosialisasi
dengan teman yang berbeda kelas, lintas angkatan dan para pelatih yang
membimbing. |
|
Pengalaman saya menjadi
anggota ekstrakurikuler PASKIBRA sangat menyenangkan dan berkesan karena saya
mendapatkan banyak sekali pengalaman-pengalaman baru mengenai bagaimana tata
upacara dan mempunyai kesempatan menjadi petugas upacara, bahkan menjadi
pengibar bendera ketika Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan di sekolah.
Selain itu saya mendapatkan teman dengan solidaritas yang tinggi. Dalam kegiatan
ini saya merasa mental saya pun dilatih agar menjadi lebih kuat. |
|
Pengalaman mengikuti program
sepak bola tersebut berkesan karena saya sempat mengikuti seleksi tim
sepakbola untuk mewakili sekolah (walaupun gagal) |
|
Saya merasa telah melakukan
sesuatu untuk sekolah saya. Saya dulu ikut mengharumkan nama sekolah ketika
mengikuti Lomba Cerdas Cermat melalui salah satu kegiatan tersebut. Perasaan
menjadi seseorang yang "berguna" benar-benar membuat saya bahagia. |
|
karena saya menyukai kegiatan
tersebut , dan hal itu sangat berarti untuk saya |
|
karena kemampuan siswa nampak
terlihat pada kegiatan pentas seni tersebut |
|
Pengalaman tersebut sangat
berkesan, karena Saya memperoleh banyak ilmu dan keterampilan bagaimana
memimpin orang lain, memanage waktu, dan bisa berbagi ilmu dengan
teman-teman. Saya belajar untuk menghargai orang lain dan menghadapi berbagai
karakter teman dan berusaha untuk bersikap adil dan bijaksana dan menjadi
contoh bagi teman-teman. |
|
Karena dari kegiatan-kegiatan
yang dilakukan sangat menyenangkan |
|
karena dengan mengikuti
kegiatan tersebut saya dapat menambah teman, belajar berkomunikasi secara
terstruktur, dan belajar berkolaborasi dalam membuat suatu program. |
|
Kegiatan kepramukaan
(berkemah) memberikan banyak pengalaman yang luar biasa berkesan, mengenal
alam sekira, belajar bekerja sama dalam kehidupan nyata, belajar memenuhi
kebutuhan sendiri, mandiri, disiplin dan kekeluargaan yang sangat
menyenangkan |
|
Pengalaman tersebut berkesan
untuk saya karena di sana dipertaruhkan kemampuan saya dalam
mengkoordinasikan kegiatan supaya dalam pelaksanaanya berjalan lancar, sesuai
dengan yang diharapkan oleh semua. |
|
Karena banyak pengalaman
baru, permaianan dan kegiatan diluar pembelajaran akademik melatih
kemandirian dan berorganisasi jadi banyak teman |
|
Berkesan
karena apa yang saya lakukan adalah hal yang saya sukai, kedua karena
kegaitan tersebut tidak menuntut kita belajar di kelas tetapi kita belajar
dengan lingkungan sekitar seperti pramuka saya belajar bagaimana saya bisa
mendirikan tenda, hidup di alam terbuka hal ini begitu mengasikan. Saat saya
melakukan aktivtitas baskes, saya merasa senang bermain dan berolahra, lalu
pada kegiatan teater saya sangat suka bermain watak, dan pada kegiatan pentas
seni saya belajar bagaimana menyusun acara akan menjadi tontonan yang tidak
monoton. Selain itu kegiatan study tour merupakan pengalaman yang benar-benar
menyenangkan karena kita bisa mengunjungi tempat-tempat baru, melihat2
museum, belajar dari tempat-tempat yang kita kunjungi. |
|
Sangat berkesan, karena pada
saat menjabat menjadi Ketua OSIS, saya dan rekan-rekan diberi tanggung jawab
dan kepercayaan penuh dari sekolah untuk mengadakan acara siswa, dan kami
benar-benar terlibat penuh , spereti merencakan acara study tour, dari mulai
merencanakan, menyusun anggaran, mengumpulkan dan mencari anggaran,
menentukan tempat study tour, berhubungan dengan travel, sampai bisa membantu
rekan-rekan yang tdak sanggup membayar, semua kita kerjakan secara mandiri
tentunya dengan bimbingan Guru. Hal itu menjadi pengalaman yang berharga bagi
kami. |
|
Pengalaman tersebut sangat
membuat saya terkesan karena saat itulah saya belajar menjadi seorang
pemimpin (ketua puteri Tim Paskibra SMA) dan wakil ketua OSIS 1, serta
dirigen dalam Paduan Suara. Alhamdulillah dengan bimbingan guru- guru di SMAN
1 Sumber, Kabupaten Cirebon, saya dan teman-teman mendapatkan juara 1 lomba
Paskibra, Juara 1 TUB (Tata Upacara Bnedera) dan Paduan Suara tingkat SMA
se-Kabupaten Cirebon. Kami pun selalu tampil dalam Upacara HUT RI 17 Agustus
di Lapangan Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon. Kemduian yang memuat saya
lebih berkesan lagi, dalam ekstrakurikuler Majalah Dinding SMAN 1 Sumber,
Kabupaten Cirebon, kami dibimbing materi tentang Dasar-Dasar Jurnalistik,
sampai-sampai ada sebuah lomba kejurnalistikan yang membuat saya menjadi
Juara 2 (Lomba secara Individu) di sekolah, yang akhirnya saya dapat
berkesempatan untuk menjadi Penyiar Radio di “Is Radio Cirebon” saat kelas 3
SMA, sebagai salah satu hadiah atau reward Juara 2 lomba tersebut.
Rasanya bahagia sekali dapat belajar di luar sekolah dengan materi
pembelajaran yang berbeda yaitu ilmu tentang Announcer yang
sebelumnya belum saya pelajari sama sekali. |
|
Pengalaman ini berkesan
karena saya merasa lebih nyaman dan bahagia ketika melaksanakan kegiatan ini.
Selain itu saya mendapat banyak teman ketika melakukan latihan bersama grup
karate. |
|
karena bisa tampil dalam
acara acara penting di universitas |
|
Seperi alasan pada jawaban no
3. alasan saya bahagia dan gembira adalah:
|
|
Berbagai
program yang saya ikuti tersebut sangat berkesan untuk saya, karena saya
dapat memperolah banyak teman, berbagi pengalaman, belajar berkolaborasi dan
berkomunikasi dengan banyak orang. |
|
Pengalaman tersebut
mengesankan karena semua kegiatan Ekstrakurikuler membuat saya banyak
teman dari kelas lain. Pengalaman itu berkesan karena saya merasa memiliki pengalaman
baru menjadi komandan regu yang harus memimpin barisan. dan harus dapat
menjaga kekompakan. Dari pengalaman mengikuti lomba ini saya merasakan
kebersamaan dengan teman-teman.
|
|
Karena pengalaman tersebut
tidak akan datang dua kali, jadi setiap ada kesempatan harus dimanfaatkan |
|
Semua kegiatan yang saya
ikuti ketika saya menjadi seorang murid sangat berkesan bagi saya. Saya
melakukan kegiatan yang saya sukai, saya memimpin organisasi besar di
sekolah, saya berkomunikasi dengan orang - orang di luar sekolah. Semua itu
menjadi sebuah kenangan indah bagi saya. Ketika kuliah pun, ketika kemampuan
komunikasi diasah dengan menjadi MC di berbagai kegiatan kampus, ternyata
berdampak luar biasa bagi kepribadian saya yang introvert. |
|
Total
responses to question |
22/22 |
5
Apa pembelajaran
yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?
Respondent |
Response |
Saat mengikuti kegiatan
ektrakurikuler ini membuat saya senang ketika berangkat sekolah, lebih
semangat dan memberikan pelajaran tentang tanggung jawab dan kemandirian. |
|
Pembelajaran yang saya ambil
dari kegiatan PASKIBRA ini adalah:
|
|
Pembelajaran yang bisa saya
ambil adalah meskipun kita mengikuti program sesuai minat namun tetap
saja kita harus berdo'a, bekerja keras, disiplin dan serius agar
menjadi sukses. |
|
Banyak sekali pembelajaran
yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Saya menjadi
lebih percaya diri, mandiri, solutif dan menjadikan saya mempunyaivalue yang
tidak dimiliki orang lain yang mungkin tidak pernah mengikuti sebuah kegiatan
organisasi sebelumnya. |
|
dari pramuka , banyak oilmu
yang saya dapat , misanya cara bergaul dengan teman, cara hidup di hutan
seperti apa, atau bertahan di hutan itu seperti apa. dan dengan menari karena
kebetulan hobi saya menari, saya jadi merasa tergali untuk lebih berkarya
lagi |
|
Semua orang dapat
mengekpresikan sesuai dengan hobi dan keinginannya masing-masing, pada saat
kegiatan pensi siswa lebih berpekspresi dalam kegiatan tersebut |
|
Pembelajaran yang Saya ambil
adalah mengenai Kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian, kreatifitas dan
kerjasama. karena saya berada dalam lingkungan kelompok-kelompok Siswa yang
masing-masing punya karakter yang berbeda dan sebagai salah seorang pemimpin,
Saya berusaha untuk bersikap baik dan bisa mengambil suatu keputusan yang
tepat, selain itu bagaimana agar dapat mengelola waktu antara belajar dan
kegiatan lainnya. |
|
Karena banyak pengalaman yang
saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan baik Pramuka, PMR, maupun pencak silat |
|
Pembelajaran yang dapat saya
ambil yaitu bahwa untuk menumbuhkan dan menguatkan karakter murid itu tidak
cukup hanya dengan kegiatan belajar mengajar di kelas tetapi murid juga perlu
diberikan wadah atau tempat untuk mengembangkan bakat dan minatnya. |
|
Belajar mandiri, kerja sama,
disiplin, hidup tidak mudah, pekerjaan rumah(orang tua) sangat banyak
dan susah |
|
Pembelajaran yang saya ambil
dari kegiatan/ program tersebut adalah belajar tentang tanggung jawab,
menjaga kepercayaan, memberikan yang terbaik, dan bersikap ikhlas dalam
melaksanakan tugas yang telah diamahkan. |
|
Bahwa kemampuan diluar
akademik sangat diperlukan sebagai bekal untuk menyiapkan masa depan |
|
Pembelajaran
yang saya ambil adalah bagaimana menyenangkannya jika belajar tidak hanya di
kelas, kita bisa mengeksplor lingkungan-lingkungan sekitar kita. Selain itu
bagaimana kita bisa terlibat langsung dalam kegiatan itu berpartisipasi aktif
dan juga melakukan kegiatan sesuai dengan yang kita sukai hal itu lebih
membuat kita merasa termotivasi dan selalu diingat. |
|
Pembelajaran yang saya dapat
adalah dengan kepercayaan penuh Guru terhadap kami para murid sebagai
Pengurus OSIS, dalam melakukan kegiatan tingkat sekolah. Hal ini memberikan
pengalaman yang luar biasa buat saya dan rekan-rekan pengurus OSIS, karena
kami bisa mandiri untuk mengadakan acara siswa di sekolah. Dengan kepercayaan
penuh dari Guru membuat kita menjadi kreatif, dan mandiri untuk melaksanakan
kegiatan siswa di sekolah. Pengalaman dalam berorganisasi memberikan sikap kemandirian
dan keterampilan dalam hidup bermasyarakat. |
|
Pembelajaran yang dapat saya
ambil dari program di atas tersebut adalah saya belajar lebih disiplin saat
SMA, kemudian saya juga belajar kepemimpinan murid, belajar berkolaborasi
dengan teman yang ada dalam tim program yang sama, dekat dengan guru, mendapat
bimbingan langsung dari Guru Pembina masing-masing ektrakurikuler yang satu
sama lain berbeda guru, berbeda pula ilmu yang disampaikan. Saya juga
mendapat pengalaman yang sangat berharga dari program tersebut, bahagia
karena dapat memberikan sekolah Piala Kejuaraan bersama teman-teman tim
ekstrakurikuler yang mengikuti program tersebut, serta saya juga bahagia
karena saya dulu sangat aktif di SMA, guru-guru selalu mengingat saya sampai
sekarang. |
|
Pembelajaran yang bisa saya
ambil adalah ketika kita bahagia kita akan lebih mudah belajar. |
|
Karena biasanya bila ada
acara acara besar di kampus .kita selalu diikutsertakan . |
|
Pembelajaran yang dapat
diambil pada kegiatan pramuka saat itu:
|
|
Dengan mengikuti program
pramuka saya lebih cekatan dan mandiri, dengan mengikuti paskibra saya
belajar untuk lebih disiplin, dengan mengikuti ikatan remaja mesjid saya
banyak belajar agama lebih dalam lagi. |
|
Pembelajaran yang dapat diambil dari kegiatan gerak
jalan saya belajar menjadi pemimpin, yang harus bisa menciptakan keharmonisan
satu sama lain. Pembelajaran yang saya ambil dari kegiatan OSIS, saat menjadi
bendahara ini juga mengajarkan saya menjadi orang yang jujur dalam mengelola
keuangan, saat ada berbagai acara. |
|
Paskibra mengajarkan saya
untuk kerjasama, kompak, setia kawan, 1 suara dan 1 komando. Dalam OSIS pun
sama, kita diajak untuk menjadi contoh yang baik bagi adik kelas |
|
Saya belajar memimpin,
merancang kegiatan, sekaligus sebagai pelaku kegiatan, reflektor, dan
komunikator antara organisasi dan sekolah. Saya senang ketika suatu kegiatan
yang saya dan rekan - rekan saya susun disetujui oleh sekolah dan akhirnya
kami bisa menyumbangkan nama baik bagi sekolah. Saya juga menyadari sekarang
bahwa, ternyata hal itu membuat saya belajar manajemen konflik sejak dini.
Komunikasi adalah kunci utama kelancaran kegiatan. |
|
Total
responses to question |
22/22 |
6
Bagaimana pengalaman
tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?
Respondent |
Response |
Pengalaman sewaktu itu
membuat banyak perubahan dan pendewasaan bagi saya. Hingga saat sekarang saya
mampu mengelola diri dengan baik, menunjukkan kepemimpinan dan kemandirian
yang baik. |
|
Pengalaman mengikuti kegiatan
PASKIBRA pada masa sekarang berdampak bahwa saya merasa saya dapat menjadi
mandiri, lebih fokus terhadap tujuan, cinta dan bangga terhadap tanah air
Indonesia, saya menghargai perbedaan dalam kehidupan, saya memahami bahwa
kerjasama itu perlu disertai kekompakan tanpa mengesampingkan
solidaritas. |
|
Adapun pengalaman tersebut
berdampak pada saya adalah dalam mengarah murid saya sekarang bahwa
dalam memilih program ektrakurikuler harus sesuai dengan yang diminati. |
|
Dampak yang nyata yang saya
rasakan ketika kemudian saya menjadi guru sekarang adalah saya ingin
murid-murid saya merasakan kebahagiaan dan perasaan bangga yang pernah saya
rasakan dulu. Saya ingin mereka melalui pengalaman yang sama seperti yang
saya alami. |
|
saya menjadi seseorang yang
mandiri , bisa bersaing dan , saya menyukai seni tari , yang bisa saya
berikan untuk anak didik saya |
|
kita mendukung kebutuhan
murid selama itu hal yang baik atau postif |
|
Alhamdulillah dengan berbagai
pengalaman yang pernah Saya alami, Dapat membentuk karakter Saya yang
disiplin dan bertanggung jawab, juga selalu semangat belajar. Walaupun usia
saya sudah tidak muda lagi, tapi Saya selalu bersemangat untuk belajar dan
memperbaiki diri. |
|
Pengalaman ini berdampak
kepada saya karena dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat mengajarkan saya
kepemimpinan, kemandirian, dan bertahan hidup. |
|
Dampak yang saya
rasakan dari pengalaman mengikuti ekstrakurikuler OSIS adalah saya lebih
percaya diri dan berani mengemukakan pendapat di sebuah forum. |
|
Banyak membantu orang tua
dalam pekerjaan sehari-hari |
|
Pengalaman tersebut sangat
berdampak pada saya sekarang. Saya jadi sadar bahwa setiap orang bisa
melakukan sesuatu asalkan diberikan kepercayaan penuh. Murid pun bisa menjadi
pemimpin, minimal pemimpin bagi dirinya sendiri dalam mengembangkan potensi
yang ada. |
|
Lebih terlatih, mandiri, dan
dapat berorganisasi dan sosial |
|
Hal yang berdampak pada diri
saya sekarang, saya selalu berharap bisa membuat pembelajaran yang membuat
murid-murid saya senang dan termotivasi untuk belajar. Agar-agar ilmu-ilmu
yang diberikan oleh saya bisa berdampak dan bermanfaat bagi mereka. |
|
Pengalaman berorganisasi
membuat saya mempunyai sikap mandiri, belajar membagi waktu dengan baik,
hidup bermasyarakat, dan semua itu sangat bermanfaat sekali karena pada saat
ini saya menjadi seorang Guru. |
|
Program tersebut berdampak
sangat baik untuk saya sekarang. Dulu, ketika ada lomba, guru saya
mengajarkan untuk berusaha secara optimal dalam latihan menjelang lomba.
Program ektrakurikuler yang sangat mengedepankan karakter baik bagi kami,
Dampak baik tersebutlah yang membuat saya sekarang menjadi pekerja keras,
pantang menyerah, suka dengan belajar, jujur, berjiwa pemimpin dan
berkarakter baik. |
|
Bercermin dari pengalaman
tersebut, saya berusaha membuat anak murid saya merasa nyaman, percaya diri,
membangun rasa percaya, dan membuat anak merasa senang ketika proses belajar. |
|
dalam
sebuah komunitas ternyata diperlukan kekompakan,kolaborasi yang baik ,yang
akan membuat tim kita menjadi semakin solid. |
|
Pengalaman ketka aktif ekskul
Pramuka saat di SMP yang berddampak sapai sekarang adalah:
|
|
Dampaknya saya menjadi
pribadi yang mandiri, pantang menyerah dalam mengadapi masalah, ulet dalam
mengerjakan suatu hal. |
|
Pengalaman tersebut membuat
saya menjadi orang yang mudah bergaul, bisa bergabung dengan siapa saja di
suatu komunitas ataupun di sekolah dan di lingkungan masyarakat. Pengalaman
tersebut juga menjadikan saya belajar jadi pemimpin di suatu komunitas
belajar saat ini.
|
|
Dari Paskibra saya menjadi
sosok yang tertib, mengikuti aturan, kompak dan senang bekerjasama. Dari OSIS
saya belajar bagaimana kita bersikap, menjadi contoh adik kelas, dan cara
berorganisasi |
|
Bergabung dalam berbagai organisasi
sejak dini menjadikan saya pribadi yang lebih luas salam pemikiran, lebih
tenang dalam menghadapi konflik, lebih memahami bahwa setiap orang memiliki
pemikiran yang berbeda dan kita tidak bisa memaksakan pendapat, tapi
bagaimana perbedaan dalam organisasi itu bisa diakomodir dengan baik,
sehingga bisa menjadi kekuatan organisasi. Lalu saya juga memahami bahwa,
tidak semua orang akan senang dengan kita, dan kita tidak perlu merayu nya. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar