Kajian
Buku dari Carl D. Glickman:
Development
Supervision
Chapter 5. REFLECTION ON
SCHOOLS, TEACHING AND SUPERVISION
REFLEKSI PADA SEKOLAH,
PENGAJARAN DAN SUPERVISI
1.
Mengubah Pandangan:
Perhatian Baru Pada Pengajaran dan Pembelajaran Konstruktivis
Dalam beberapa tahun terakhir pandangan konstruktivis
telah meningkatkan pengaruh terhadap pengajaran dan pembelajaran dalam kelas di
negara kita.Konstruktivisme adalah sebuah epistemologi (teori dari sifat
pengetahuan) berdasarkan pada karya berbagai filsuf, psikolog, dan pendidik.Tokoh-tokoh
yang terkait dengan konstruktivisme termasuk Immanuel Kant, Lev Vygotsky, John
Dewey, Jean Piaget, Bruner Jerme, dan Howard Gardner.Konstruktivisme menyatakan
bahwa orang menciptakan pengetahuan baru sebagai hasil dari interaksi pengetahuan
yang ada, keyakinan, dan nilai-nilai dengan ide-ide baru, masalah, atau
pengalaman.Untuk konstruktivis pengetahuantidak universal, objektif atau tetap,
tetapi dibangun atau dikonstruksi bersama peserta didik.
Meskipun ada beberapa model yang berbeda dari
konstruktivisme, model ini dapat diklasifikasikan ke dalam satu dari dua
kategori umum.Konstruktivisme kognitif
difokuskan pada pengembangan intelektual individual.Teori ini menyatakan bahwa
belajar terstimulasi ketika individu menemukan sebuah ide atau pengalaman yang bertolak
belakang dengan konsepsi dari kenyataan yang ada.Perbedaan ini menyebabkan
"konflik kognitif" dan "ketidakseimbangan" yang merangsang
orang untuk mengembangkan dan mengasimilasi pengetahuan baru sebagai sarana
untuk mengatasi perbedaan tersebut.Kategori umum lainnya adalah konstruktivisme sosial, yang mengemukakan
bahwa pengetahuan tidak diciptakan oleh individu tetapi dibangun sebagai hasil
interaksi individu dengan konteks sosialnya.Selain itu, interaksi membawa
perubahan pada keduanya yaitu pada individu dan konteks sosial.
Apa implikasi praktis dari konstruktivisme untuk
pengajaran? Meskipun konstruktivisme tidak bertentangan dengan semua penelitian
efektivitas pengajaran, jelas bertentangan dengan bagian dari penelitian efektivitas
yang mendukung pengajaran langsung ditandai dengan presentasi guru, praktek
mahasiswa, dan koreksi guru. Airasian dan Walsh (1997) membahas apa artinya
pendekatan konstruktivis untuk guru dan siswa:
Dalam
pendekatan konstruktivis, guru harus belajar untuk membimbing; bukan menggurui;
menciptakan lingkungan di mana siswa harus dapat membuat makna sendiri, bukan
bentukan guru; menerima keragaman dalam konstruksi, tidak sekedar mencari satu
jawaban yang "benar"; memodifikasi yang sebelumnya "benar"
dan "salah", tidak berpegang pada kriteria dan standar yang kaku; menciptakan
kenyamanan, bebas, lingkungan yang responsif yang mendorong keterbukaan konstruksi
siswa, tidak tertutup, menghakimi
sistem. . . (hal. 148).
. . . Siswa juga harus belajar cara-cara
baru untuk melakukan. Mereka harus belajar untuk berpikir sendiri, tidak
menunggu guru untuk memberitahu mereka apa yang harus dipikirkan; melanjutkan
dengan sedikit fokus dan arahan dari guru, tidak menunggu arahan eksplisit dari
guru; mengekspresikan ide-ide mereka sendiri dengan jelas dalam kata-kata
mereka sendiri, tidak menjawab pertanyaan dengan jawaban terbatas; untuk
meninjau kembali dan merevisi konstruksi, tidak untuk segera pindah ke konsep
atau ide berikutnya (hal. 448).
Tabel 5.1 lebih lanjut penjelasan pendekatan
konstruktivis pada pengajaran dan pembelajaran dengan membandingkan kelas
tradisional dengan kelas konstruktivis.
Tabel 5.1
Perbandingan Kelas Konstruktivis dan Kelas Tradisional
2.
Peningkatan
Pembelajaran dan Pengajaran yang Efektif
Mari
kita lanjutkan refleksi ini pada praktek dengan caramengambil pernyataan sepele
tentang supervisi yang hampir tidak ada yang mempermasalahkan: Tujuan supervisi
adalah untuk meningkatkan pengajaran. Kedengarannya bagus, sampai kita meminta
definisi jenis pembelajaran apa yang ingin ditingkatkan. Apakah kita ingin
meningkatkan pembelajaran untuk pengajaran pengetahuan dasar dan
keterampilan?berpikir kritis, keterampilan sosial, prinsip-prinsip moral, atau
kreativitas? Apakah pembelajaran yang terjadi di sekolah dasar di pedesaan, di
sekolah menengah di pinggiran kota, atau sekolah tinggi di perkotaan? Dan
bagaimana dengan siswa?Apakah mereka lebih berkembang dalam verbal,
visual-spasial, kinestetik jasmani, atau kecerdasan intelligencelainnya dari
Gardner (1999)?Dalam analisis akhir, apa yang merupakan peningkatan
pembelajaran dan keberhasilan pengajaran dapat didefinisikan hanya dalam
konteks tujuan pembelajaran tertentu, lingkungan belajar setempat, dan setiap
siswa. Ini berarti bahwa mencari satu model pembelajaran yang efektif untuk
semua konten pembelajaran yaitu siswa, dan situasinya adalah sia-sia.
Sebuah
tindakan yang lebih produktif adalah untuk mengidentifikasi berbagai strategi
pembelajaran yang efektif dalam kaitannya untuk mengidentifikasi tujuan pembelajaran
siswa secara individual. Jika proposisi ini diterima, peran supervisor menjadi
salah satu yang membantu guru untuk memperjelas tujuan pembelajaran sekolah dan
tujuan pembelajaran dalam kelas, mengembangkan berbagai strategi pembelajaran
(pengajaran langsung, pengajaran konstruktivis, pembelajaran kooperatif, dialog
kelas, layanan belajar, dan sebagainya), "memadupadankan" strategi
pembelajaran untuk tujuan pengajaran dan untuk siswa, dan menilai dampak dari
pembelajaran untuk tujuan perbaikan secara terus-menerus. Dengan
menitikberatkan pada supervisi, pengajaran yang efektif dipandang sebagai
kemampuan guru untuk menggunakan berbagai variasi mengajar sesuai dengan
berbagai tujuan pembelajaran dan gaya belajar siswa. Sebagaimana menurut Porter
dan Brophy (1988),
Guru yang efektif jelas tentang apa
yang ingin mereka capai melalui pengajaran mereka, dan tetap pada tujuan dalam
pikiran mereka baik dalam merancang pengajaran dan mengkomunikasikan tujuannya
kepada siswa. . . .Guru yang efektif bijaksana tentang praktek mereka.Mereka
mengambil waktu untuk refleksi dan evaluasi diri, memantau pengajaran mereka
untuk memastikan bahwa konten yang bermanfaat telah diajarkan kepada semua
siswa, dan menerima tanggung jawab untuk membimbing pembelajaran dan perilaku
siswa. (hal. 81-82)
Untuk
perpaduan beberapa tujuan pembelajaran dan beberapa model pembelajaran,
Ornstein (1990) menambahkan konsep gaya mengajar:
Gaya mengajar adalah versi yang menjadi bagian dari
kepribadian dan jenis filosofi. Setiap orang harus mengembangkan gaya mengajar
sendiri dan merasa nyaman di dalam kelas. Singkatnya, guru harus mengembangkan
khasanah mereka sendiri, relatif terhadap karakteristik fisik dan mental mereka
sendiri dan siswa mereka. Dengan demikian, tidak ada satu jenis yang ideal
tetapi sebuah kumpulan dari beberapa jenis
dan gaya mengajar guru. Gaya guru adalah masalah pilihan dan kenyamanan,
dan apa yang dilakukan satu guru dengan sekumpulan siswa belum tentu berlaku
untuk yang lainnya (hal. 84)
Gaya
mengajar, tentu saja, bisa berubah dan diperluas dari waktu ke waktu,
memungkinkan untuk perluasan khasanah strategi pengajaran guru. Namun, mencoba
memaksa guru untuk segera mengadopsi strategi yang sangat bertentangan dengan
gaya mengajar mereka saat ini tidak konsisten dengan kedua prinsip-prinsip
pembelajaran orang dewasa dan konsep guru sebagai seorang yang profesional.
Lebih baik pada awalnya mengundang guru untuk belajar dan mencoba strategi baru
yang konsisten dengan gaya mereka saat ini, dan kemudian memfasilitasi guru untuk
melanjutkan pengembangan yang berkelanjutan dari gaya mengajar dan khasanah
guru dari waktu ke waktu.
Peningkatan
pembelajaran dapat didefinisikan seperti membantu guru memperoleh strategi
mengajar sesuai dengan tujuan pengajaran dan kompatibel dengan gaya mengajar
umum mereka yang meningkatkan kemampuan siswa membuat keputusan yang bijaksana
dalam berbagai konteks (berkaitan dengan teman sebaya, orang dewasa, kalangan
akademisi, dan kehidupan). Oleh karena pengajaran yang efektif terdiri dari
tindakan tentang keputusan mengajar, rutinitas, dan teknik yang meningkatkan
kemampuan pengambilan keputusan siswa.
3.
Keyakinan
Mengenai Pendidikan
Kita
telah membahas bagaimana definisi pengajaran yang efektif tergantung pada
tujuan pembelajaran sekolah dan guru. Tujuan pembelajaran, pada akhirnya
berdasarkan pada keyakinan tentang hal-hal seperti tujuan pendidikan, apa yang
harus diajarkan, sifat peserta didik, dan proses belajar. Baik atau tidak hal
itu harus disadari, falsafah pendidikan guru dan surpervisor memiliki dampak
yang signifikan terhadap pengajaran dan upaya perbaikan pembelajaran.Berikut
ini adalah ringkasan dari platform pendidikan dari tiga guru dengan keyakinan
yang berbeda mengenai pendidikan.
Joan Simpsonpercaya
bahwa tujuan pendidikan harus bisa mentransmisikan kumpulan pengetahuan dasar,
keterampilan, dan nilai-nilai budaya kepada siswa.Untuk melakukan ini secara
efektif, guru harus menjalankan kontrol atas kelas, konten pelajaran, dan
siswa.Konten harus bisa dibedakan terlebih dahulu ke dalam bidang akademik dan
kemudian menjadi elemen-elemen kecil, dan pembelajaran harus berlangsung dalam
rangkaian kecil serta berurutan. Semua siswa harus diharapkan untuk menguasai
konten yang sama. Kelas dan jenis-jenis motivasi eksternal diperlukan untuk
menjamin pembelajaran siswa.
Bill Washingtonpercaya
bahwa tujuan pendidikan harus sesuai dengan perkembangan siswa, terutama dalam
keterampilan penyelidikan dan pemecahan masalah.Untuk meningkatkan perkembangan
siswa tersebut, guru menyampaikan pengetahuan yang sudah ada, juga mendorong
siswa untuk bereksperimen untuk menguji gagasan lama dan mencari solusi untuk masalah-masalah
baru.Bill percaya karena penyelidikan adalah yang paling berhasil dalam
lingkungan yang demokratis, guru harus mengendalikan lingkungan belajar dengan
siswa.Karena pemecahan masalah sering terjadi dalam konteks sosial, siswa harus
belajar keterampilan sosial serta konten akademis.
Pat Rogerspercaya bahwa setiap
anak adalah unik dan tujuan utama pendidikan harus untuk memenuhi kebutuhan
setiap siswa. Guru harus membantu perkembangan setiap siswa ke arah sepenuhnya
potensi dirinya masing-masing. Ini berarti menangani siswa secara keseluruhan
adalah dengan meningkatkan perkembangan fisik, emosi, kognitif, moral, dan
sosial mereka.Pendidikan holistik tersebut termasuk memfasilitasi kemandirian
siswa. Pat percaya bahwa siswa harus memiliki kontrol atas lingkungan belajar
mereka sendiri karena memungkinkan tingkat kematangan mereka. Guru sebaiknya
mendasari pelajaran berdasarkan pada pengalaman, pelajaran, kekhawatiran, dan
minat siswa. Siswa seharusnya diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam menilai
pembelajaran mereka sendiri.
Ketiga
platform pendidikan yang baru saja dijelaskan mewakili keyakinan yang kontras.
Berdasarkan keyakinan pendidikan mereka, Joan Simpson, Bill Washington, dan Pat
Rogers, tidak diragukan lagi, memiliki definisi yang berbeda tentang perbaikan
pembelajaran dan pengajaran yang efektif! Kamu dapat melihat salah satu
platform pendidikan sebagai sesuatu yang mirip dengan milikmu, kamu mungkin
setuju dengan bagian-bagian masing-masing, atau mungkin memiliki keyakinan yang
berbeda samasekali. Dalam kasus apapun, penting bagimu untuk memperjelas
keyakinan pendidikanmu sendiri. Dengan merenungkan pertanyaan-pertanyaan
berikut, kamu bisa mulai membangun platform pendidikanmu:
1.
Apa yang harus menjadi tujuan pendidikan?
2.
Apa yang harus menjadi isi kurikulum sekolah?
3.
Siapa yang harus mengendalikan suasana pembelajaran?
4.
Bagaimana seharusnya hubungan guru dan siswa?
5.
Dalam kondisi seperti apa pembelajaran siswa lebih berhasil?
6.
Apa yang memotivasi siswa untuk melakukan yang terbaik di sekolah?
7.
Apa definisimu tentang pengajaran yang efektif?
8.
Apa karakteristik pribadi yang dimiliki oleh seorang guru yang sukses?
9.
Bagaimana seharusnya guru menilai pembelajaran siswa?
10.
Apa definisimu tentang sekolah yang baik?
Pendapat saya:
1. Yang
harus menjadi tujuan pendidikan adalah menjadikan seseorang bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan yang memberi manfaat kepada dirinya
dan bagi bangsa dan negaranya, memiliki kecerdasan, berkepribadian, memiliki
perilaku dan berakhlak mulia serta keterampilan untuk dapat hidup secara
mandiri.
2. Yang
harus menjadi isi kurikulum sekolah adalah semua aspek yang berhubungan dengan
pengetahuan dan juga materi pelajaran yang akan dipelajari siswa pada setiap
mata pelajaran dan dapat memberikan pengalaman belajar yang memungkinkan siswa
memiliki aktivitas belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan baik dalam kelas maupun yang menjadi tujuan sekolah.
3. Yang
harus mengendalikan lingkunganpembelajaran adalah semua pihak yang terlibat
dalam proses pembelajaran. Proses pengajaran dan pembelajaran harus berlangsung
dalam suasana yang kondusif agar siswa dapat belajar tanpa mengalami suatu
gangguan dan guru sebagai pengajar dapat mengajar dengan baik dan lancar tanpa
perlu memikirkan masalah yang akan timbul akibat dari gangguan di sekitarnya.
4. Hubungan
guru dan siswa seharusnya menciptakan keselarasan agar memperoleh suasana belajar
mengajar yang kondusif. Guru harus selalu menjadi teladan bagi siswa, baik
dalam berbahasa maupun dalam prilaku, agar siswa selalu menghargai gurunya yang
dapat berimplikasi pada penghargaan dirinya sendiri.
5. Siswa
akan lebih berhasil dalam pembelajaran ketika berada dalam kondisi siap untuk
belajar. Kesiapan siswa untuk belajar dapat diciptakan guru di sekolah antara
lain dengan menumbuhkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana belajar
yang kondusif dan konstruktif dalam kelas, guru juga menunjukkan sikap yang
bersemangat dalam mengajar, guru harus mengarahkan siswa pada suatu kondisi
atau suasana belajar yang demokratis dalam rangka menumbuhkan keaktifan siswa
dalam belajar.
6. Yang
dapat memotivasi siswa untuk melakukan yang terbaik di sekolah antara lain
adalah dengan memberikan penghargaan sekecil apapun atas prestasi siswa, selalu
menumbuhkan kebiasaan positif mulai dari perkataan hingga sikap yang
dicontohkan guru, menghargai potensi diri siswa, dan membangun kepercayaan
dirinya. Dengan melakukan hal ini, siswa akan termotivasi karena yakin dengan
potensi yang mereka miliki sehingga siswa melakukan hal-hal yang terbaik di
sekolah sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
7. Menurut
saya pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang menggunakan strategi yang
sesuai dengan perkembangan siswa dan kompleksitas siswa, karena siswa
bervariasi. Dalam pengajaran ini guru mampu memotivasi siswa, berkomunikasi dan
berhubungan secara efektif dengan siswa yang memiliki karakter berbeda-beda.
8. Karakteristik
pribadi yang dimiliki oleh seorang guru yang sukses antara lain adalah menganggap
pekerjaan mengajar sebagai sesuatu yang menarik dan menantang, memiliki pribadi
yang hangat dalam berhubungan dengan siswa, mampu memecahkan masalah yang
timbul dalam proses belajar mengajar di sekolah, tidak bergantung kepada kepala
sekolah dalam menyelesaikan masalah, tidak menganggap siswa sebagai beban,
tetapi sebagai individu yang belajar yang memerlukan arahan dan bimbingan.
9. Dalam
menilai pembelajaran siswa seharusnya guru dapat mengetahui kompetensi apa yang
telah dikuasai oleh siswa dan segera mengambil tindakan perbaikan ketika nilai
siswa tidak sesuai dengan harapan guru. Guru harus mengetahui tujuan penilaian
itu untuk mengukur kompetensi siswa setelah dilaksanakannya proses
pembelajaran, dalam membuat soal sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai
siswa, guru harus membuatnya dengan penuh keteraturan sesuai dengan kisi-kisi
yang telah disusun sebelumnya, penilaian yang dilakukan guru harus mampu
membuat siswa berprestasi dan menemukan prestasi unik yang dimiliki oleh setiap
siswa, dan ketika ada siswa yang mengalami masalah dalam pembelajaran, maka
guru perlu memberikan motivasi kepada siswa tersebut bahwa mereka juga bisa
seperti teman-temannya yang lain.
10. Sekolah
yang baik adalah sekolah yang berorientasi pada kinerja profesional, konsisten
pada aturan, menjalin budaya kerjasama yang baik, mengembangkan kehidupan yang
memberikan peluang kepada guru dan siswa untuk berkreasi.
4.
Keyakinan
Supervisi
Kebanyakan pengawas, tentu saja, adalah mantan guru.Akibatnya,
pandangan mereka tentang pembelajaran, hakikat pembelajar, pengetahuan, dan
peran guru di kelas mempengaruhi pandangan mereka tentang supervisi.Lagipula,
supervisi dalam banyak analog berkaitan dengan pengajaran. Guru ingin
meningkatkan perilaku, prestasi, dan sikap siswa. Demikian pula supervisor,
ingin meningkatkan perilaku, prestasi, dan sikap guru. Platform supervisi dari
tiga supervisor akan dijelaskan selanjutnya. Ketika kamu membaca platform ini,
perhatikan hubungan antara keyakinan yang dikandungnya dan keyakinan guru yang
ada dalam tiga platform pendidikan yang telah dibahas sebelumnya.
Bob Reynolds percaya bahwa tujuan supervisi adalah untuk
memonitor guru dalam menentukan apakah pengajaran mereka mencakup unsur-unsur
pengajaran yang efektif.Apakah dalam unsur-unsur yang diamati, supervisor
memberikan penguatan positif untuk memastikan bahwa mereka melanjutkannya dan
menyertakannya dalam pelajaran bagi guru.
Bob percaya bahwa jika seorang guru tidak menggunakan,
atau salah menggunakan, unsur-unsur pengajaran yang efektif, supervisor
memiliki tanggung jawab untuk memberikan bantuan perbaikan dengan menjelaskan
dan menunjukkan perilaku pembelajaran yang tepat, menetapkan standar perbaikan,
dan monitoring dan memperkuat upaya perbaikan guru. Singkatnya, supervisor
harus memiliki tanggung jawab utama untuk memutuskan perbaikan pembelajaran.
Jan White percaya bahwa tujuan supervisi adalah untuk
melibatkan guru dalam penyelidikan bersama yang ditujukan pada peningkatan
pengajaran.Supervisor dan guru harus saling berbagi persepsi masalah
pembelajaran, bertukar saran untuk memecahkan masalah mereka, dan
menegosiasikan rencana perbaikan. Rencana perbaikan menjadi hipotesis yang akan
diuji oleh guru dengan bantuan supervisor. Dengan demikian, Jan percaya bahwa
supervisor dan guru harus berbagi tanggung jawab untuk perbaikan pembelajaran.
Shawn Moore percaya bahwa tujuan supervisi harus
mendorong refleksi dan otonomi guru dan memfasilitasi peningkatan pengajaran
guru.Supervisor harus peduli dengan konsep diri guru dan pengembangan pribadi
serta kinerja pembelajaran guru.Hal ini penting bagi supervisor untuk membangun
hubungan dengan guru yang ditandai dengan keterbukaan, kepercayaan, dan
penerimaan.Shawn percaya bahwa supervisor harus memungkinkan guru untuk
mengidentifikasi masalah pembelajaran, rencana perbaikan, dan kriteria untuk
sukses.Supervisor dapat membantu mengarahkan guru melalui mendengarkan secara
aktif, mengklarifikasi, mendorong, dan melakukan refleksi.Dengan demikian, guru
harus memiliki tanggung jawab utama untuk memutuskan perbaikan pembelajaran
dengan supervisor yang berfungsi sebagai fasilitator aktif.
Deskripsi ini menunjukkan bahwa platform supervisi bisa
beragam seperti platform pendidikan.Ketika kita membandingkan platform
pendidikan Joan Simpson, Bill Washington, dan Pat Rogers dengan platform
supervisi dari Bob Reynolds, Jan White, dan Shawn Moore, kita dapat melihat
bahwa kedua jenis platform mengungkapkan keyakinan dasar tentang pengetahuan,
sifat manusia, dan kontrol. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut, kamu
dapat memulai proses untuk memperjelas keyakinanmu sendiri tentang supervisi
pembelajaran. Kami menyarankan agar kamu menulis tanggapan terhadap pertanyaan,
menyimpan tanggapanmu, dan menilai kembali platform pengawasanmu setelah
selesai membaca teks ini.
1.
Apa definisi supervisi pembelajaran?
2.
Apa yang harus menjadi tujuan akhir dari supervisi?
3.
Siapa yang harus mengawasi? Siapa yang harus diawasi?
4. Apa pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai
yang dimiliki oleh supervisoryang sukses?
5.
Apakah kebutuhan yang paling penting bagi guru?
6.
Apa yang membuat hubungan positif antara supervisor dan guru?
7.
Apa jenis kegiatan yang menjadi bagian dari supervisi pembelajaran?
8.
Apa yang harus diubah pada praktek supervisi pembelajaran saat ini?
Tanggapan
saya:
1. Supervisi
pembelajaran adalah suatu upaya untuk membantu guru memperbaiki kualitas
belajar mengajar agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran demi mencapai
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
2. Yang
menjadi tujuan akhir dari supervisi adalah meningkatkan situasi belajar mengajar
yang dilaksanakan guru, memperbaiki proses pembelajaran dan juga meningkatkan
hasil belajar siswa.
3. Yang
harus mengawasi adalah pengawas pendidikan atau supervisor yang telah diberi
tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan pengawasan, pengawasan
juga dapat dilakukan oleh kepala sekolah. Sedangkan yang diawasi adalah guru
yang melaksanakan proses pembelajaran. Pengawasan juga dilakukan oleh seorang
supervisor kepada kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran.
4. Pengetahuan,
keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh supervisor yang sukses
merupakan kompetensi yang harus dimiliki seorang supervisor yaitu kepribadian,
supervisi akademik, supervisi manajerial, evaluasi pendidikan, penelitian dan
pengembangan, dan sosial.
5. Kebutuhan
yang paling penting bagi guru adalah adanya motivasi baik dalam dirinya sendiri
maupun dari orang lain seperti dari kepala sekolah, supervisor, dan rekan guru
lainnya, guru juga membutuhkan supervisi demi perbaikan kualitas pembelajaran
yang dilaksanakan, serta kesempatan yang baik untuk berkembang dalam karir.
6. Yang membuat hubungan positif antara
supervisor dan guru adalah terjalinnya suatu hubungan yang bersifat terbuka.
Jika perlu menciptakan hubungan yang bersifat informal sehingga guru tidak
merasa terbebani dalam pelaksanaan supervisi.
7. Jenis
kegiatan yang menjadi bagian dari supervisi pembelajaran adalah supervisor
membantu mengadakan dan melengkapi alat-alat perlengkapan, seperti media yang
diperlukan untuk kelancaran proses belajar mengajar, membantu guru mencari,
mengembangkan, dan menggunakan metode-metode baru dalam proses belajar
mengajar, dan berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan guru antara lain
dengan mengadakan workshop, seminar, inservice training atau upgrading.
8. Yang
harus diubah pada praktek supervisi pembelajaran saat ini adalah supervisi yang
dilakukan untuk mengawasi apakah guru menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya
sesuai dengan instruksi atau ketentuan-ketentuan yang telah digariskan, dan
menganggap guru sebagai pelaksana pasif dari pembelajaran. Jadi yang terutama
adalah merubah mind set tentang pelaksanaan supervisi khususnya supervisi
pembelajaran menjadi suatu layanan buat guru untuk mencapai tujuan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar