22 Juni 2022

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 


Pertanyaan Pemantik :

  1. Apa hal-hal baru yang Anda temukan  dalam perjalanan pembelajaran Anda  di modul 3.3 ini?
  2. Tantangan apa yang saat ini masih saya hadapi untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
  3. Sumber-sumber dukungan apa saja yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid?

Selamat bertemu kembali Bapak/Ibu CGP. Saat ini Bapak/Ibu telah memasuki tahapan pembelajaran yang ke-5, yaitu Refleksi terbimbing. Dalam tahapan ini, Bapak Ibu akan diberikan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran Bapak/Ibu sejauh  ini.

Sebagai tagihan, Bapak/Ibu akan diminta untuk membuat catatan refleksi pembelajaran.  Untuk membantu menulis refleksi tersebut, Bapak/Ibu dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?
  4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
  5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Refleksi Terbimbing

https://drive.google.com/file/d/1qiQgJYq-Ec9eXA-UJnhGALgrdBOWsku0/view?usp=sharing 

REFLEKSI TERBIMBING 3.3

https://drive.google.com/file/d/1pNH1lF8_IrbbxqP6sQjubKy6rZsy4Tt9/view?usp=sharing

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid


https://www.canva.com/design/DAFD1iSaeOk/zHRFfffXoT6kiCGg1cgIzA/view?utm_content=DAFD1iSaeOk&utm_campaign=share_your_design&utm_medium=link&utm_source=shareyourdesignpanel


3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada MuridOU blog

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?  Hal yang menarik setelah mempelajari materi pengelolaan program sekolah yang berdampak pada murid adalah bahwa setiap program atau kegiatan yang dilakukan harus memperhatikan aset atau modal yangada di lingkungan sekolah dan sekitarnya yang menjadi basis kekuatan dalam melakukan praktik baik di sekolah. pemanfaatan aset dengan cara mengidentifikasi dan melakukan pemetaan sebagai modal sekolah yang berpotensi pengembangan program. program sekolah yang berdampak pada murid menekankan pada potensi yang dimiliki sekolah, keaktifan, dan peran serta warga sekolah. program sekolah harus memperhatikan pendekatan BAGJA dan MANJEMEN RISIKO.
  2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? Hal baru yang ditemukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah ingin mengetahui konsep Monitoring dan Evauasi dan 12 prinsip dasarnya secara lebih jauh termasuk penerapannya dalam program
  3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini? BAGJA + MANAJEMEN RISIKO = PROGRAM SEKOLAH (Perubahan yang akan dilakukan yaitu menerapkan pada pengembangan komunitas berbasis aset ayau )Aset Best Comonnity Development)
  4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini? saya menyusun program ssederhana yang melibatkan murid dan orang tua dan dalam penyusunan program yang berdampak pada murid saya menggunakan pendekatan BAGJA dalam pengelolaan sumber daya sekolah. saya akan mengidentifikasi dan menginventarisi kekuatan yang ada untuk dimaksimalkan dengan cara menyusun program yang diawali dari perumusan tujuan berupa pertanyaan sekolah yang diimpikan dengan bercermin pada evaluasi hasil kegiatan sebelumnya sebagai gambaran penyusunan program yang berdampak pada murid dan mengantisipasi segala kemungkinan resiko yang akan terjadi.
  5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid. Guru, murid, kepala sekolah, orang tua, komunitas praktisi, tenaga kependidikan, komite dan masyarakat

3.2.a.6. Refleksi Terbimbing – Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.2.a.6. Refleksi Terbimbing – Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Feni Febryani Zaman_CGP Kelas F_SDN 079 Kopo Pajagalan

Kota Bandung_Jawa Barat_Angkatan 4

Fasilitator: FAS017 - IMRAN TULULI PPGP 4

PP: M. Nurul Huda

Refleksi Terbimbing

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Jawab: Yang menarik bagi saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya dapat menunjukkan pemahaman tentang konsep kepemimpinan murid dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila; menunjukkan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan suara, pilihan, dan kepemilikan murid; menganalisis sejauh mana suara, pilihan dan kepemilikan murid dipertimbangkan dalam program intrakurikuler/kokurikuler/ekstrakurikuler sekolah untuk mewujudkan lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid; mengidentifikasi strategi pelibatan komunitas dalam program sekolah untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid; dan menerapkan satu program/kegiatan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid dan mempertimbangkan keterkaitannya dengan apa yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya.

 

  1. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Jawab: Hal yang mengejutkan yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bentuk-bentuk program sekolah; membuat perencanaan program sekolah yang berdampak pada murid; dan pengelolaan Program dengan strategi MELR dan Manajemen Risiko

 

  1. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Jawab: Setelah mempelajari dan memahami materi mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya akan melakukan beberapa perubahan dalam membuat suatu program, yaitu sebagai berikut.

1.         Menganalisis asset apa yang dapat dimanfaatkan dalam penyusunan program.

2.         Merencanakan program yang berdampak pada murid dengan tahapan BAGJA.

3.        Menerapkan manajemen Risiko dan mengelola risiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid.

4.        Melakukan monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan program.

 

  1. Apa yang menantang bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Jawab: Hal yang menantang bagi saya untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini adalah saya harus bisa membuat sebuah program yang berdampak pada murid, dengan memperhatikan suara, pilihan, dan kepemilikan serta memperhatikan pula kepemimpinan murid.

 

  1. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.
Jawab: Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid adalah Aset sekolah, mulai dari Aset manusia (Kepala Sekolah, Guru, Tendik, Murid, Orang Tua Murid); Aset Sosial (aturan sekolah, tata tertib sekolah, komite sekolah), Aset Fisik (sarana dan prasarana sekolah), Aset Lingkungan/Alam (lingkungan, taman, halaman sekolah); Aset Finansial (Dana BOS); Aset Politik (Kerja sama dengan Puskesmas setempat, kerja sama dengan Polsek setempat, dan Dinas Pendidikan Kota Bandung); Aset Agama dan Budaya sekolah.

Refleksi terbimbing

https://anyflip.com/pcvpi/kcua/

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Pada Murid 

Tujuan Pembelajaran Khusus:

1. CGP dapat melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lalui.

2. CGP menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diampunya.  Anda telah sampai pada fase refleksi terbimbing.

Berikut ini adalah kegiatan refleksi terbimbing yang saya tuangkan dalam sebuah artikel dengan mengacu pada pertanyaan pemantik.Refleksi ini berkaitan dengan perasaan,gagasan,pengalaman serta praktik baik yang telah selesai saya lakukan.Hal ini merupakan bagian dari dokumentasi yang saya lakukan terkait dengan kegiatan Pembelajaran tentang Pengelolaan Program yang berdampak pada Murid.

1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal yang menarik bagi saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya mendapatkan gambaran bagaimana pemanfaatan sumber daya yang dimiliki sekolah sehingga dapat diidentifikasi dan dijadikan sebagai program sekolah yang berdampak pada murid tentang prioritas kebutuhan sekolah, , lebih memahami bentuk-bentuk program sekolah, tahapan pengelolaan program yang efektif dan berdampak secara langsung bagi murid serta mengevaluasi praktik yang selama ini dijalankan disekolah dengan menggunakan strategi Monitoring, Evaluasi, Learning dan Reporting (MELR) dan mengidentifikasi manajemen risiko dari sebuah program yang akan dirancang maupun yang sudah dirancang dan menjadi program sekolah yang berlangsung selama ini.

Program yang dirancang pihak sekolah atau guru harus benar-benar melibatkan murid dalam hal voice(suara),choise(pilihan),serta ownership(kepemilikikan). pentingnya mempertimbangkan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Program sekolah diharapkan memberikan dampak yang positif bagi murid,guru dan sekolah menuju sebuah perubahan yaitu budaya positif di sekolah.

Hal lain yang menarik bagi saya adalah peran sebuah komunitas sangat penting dalam membangun sebuah program yang berdampak bagi murid.Dimulai dari komunitas keluarga,komunitas kelas dan antar kelas,komunitas sekolah,komunitas sekitar sekolah,serta komunitas yang lebih luas. Kesemua komunitas tersebut secara langsung maupun tidak langsung memengaruhi proses pembelajaran murid. Komunitas-komunitas tersebut merupakan aset sosial yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas program/kegiatan pembelajaran di sekolah, termasuk dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, yaitu dengan bersama-sama ikut 

mempromosikan dan mendorong ‘suara, pilihan, kepemilikan’ dalam berbagai peran yang mereka mainkan dan interaksi mereka dengan murid.

2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Sesuatu hal yang membuat saya terkejut serta hal-hal baru yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaa lajaran tentang pengelolaan program yang program yang berdampak pada pak pada murid yaitu:

Bahwa kegiatan pembelajaran yang berdampak bagi murid,guru hanya bertugas sebagai pendamping dan koordinasi kegiatan.Murid memiliki hak penuh dalam membuat sebuah program,melaksanakan program serta melakukan evaluasi dan refleksi. Tugas guru sebenarnya hanya menyediakan lingkungan yang menumbuhkan budaya di mana murid memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan dalam apa yang mereka pikirkan, niat yang mereka tetapkan, bagaimana mereka melaksanakan niat mereka, dan bagaimana mereka merefleksikan tindakan mereka.

Bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid tidak terlepas dari program dengan menggunakan tahapan BAGJA, Cara memonitor dan mengevaluasi program yang sudah dibuat dengan mempertimbangkan manajemen risiko.Bentuk pelaporan dengan menggunakan strategi MELR: Monitoring, Evaluation, Learning, Reporting (Monitoring, Evaluasi Pembelajaran, Laporan)

3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

 Perubahan yang akan saya lakukan setelah memahami dan mempelajari materi di modul 3.3. ini yaitu:

  • Membuat program sekolah yang berpihak pada murid dengan memberdayakan 7 aset sekolah yang ada.
  • Merancang program dengan menggunakan tahapan BAGJA,
  • Melakukan Monitoring dan mengevaluasi program yang sudah dibuat berdasarkan 12 prinsip dasar Monitoring Evaluasi
  • Menyusun pelaporan dengan menggunakan strategi MELR: Monitoring, Evaluation, Learning, Reporting (Monitoring, Evaluasi Pembelajaran, dan Laporan).
  • Menerapkan manajemen Risiko dari setiap program yang akan dilaksanakan di sekolah
  • Mengatur ulang dan mengevaluasi praktik program yang selama ini dilaksanakan disekolah dengan menerapkan materi yang telah dipelajari dimodul 3.3 ini.

4.    Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Keterbatasan waktu untuk mendalami materi yang berkaitan dengan program atau kegiatan yang berdampak bagi murid.Materi ini sangat penting untuk menumbuhkan sebuah tanggungjawab,kedisiplinan serta keaktifkan murid dalam kegiatan kelas atau sekolah.Membutuhkan waktu dan pemikiran yang kreatif untuk mengembangkan sebuah program kelas/sekolah yang memang benr-benar bisa dirasakan oleh murid.

Mengajak seluruh komunitas sekolah terlibat dalam kegiatan program sekolah.Hal ini masih menjadi tantangan bagi saya,karena tidak semua guru,masyarakat sekitar memiliki rasa kepedulian dalam mengembangkan

  1. Program sekolah khususnya yang berdampak bagi murid.Meskipun hanya berperan sebagai koordinator serta pendampingan,peran komunitas masih sangat diperlukan untuk emndukung kelancaran program sekolah
  2. Mengidentifikasi aset sekolah yang akan dijadikan sebagai sumber pengembangan program sekolah.Membutuhkan kerja sama semua pihak untuk bersama-sama dalam memanfaatkan aset yang dimiliki oleh pihak sekolah.
  3. Kegiatan berkelanjutan dari sebuah program.Biasanya program sekolah hanya bertahan beberapa tahun dan tidak emngalami perkembangan.dibutuhkan konsistensi serta sikap istiqomah agar program sekolah berlanjut serta ada peningkatan yang bisa dirasakan oleh murid.

5.    Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

  • Dukungan dimulai dari diri saya sendiri yang memiliki tekat yang kuat,rasa tanggungjawab serta kreatif untuk melakukan sebuah perubahan yang positif dalam hal pengelolaan sumber daya atau aset sekolah untuk kemajuan pendidikan khususnya di sekolah saya.
  • Dukungan dari kepala sekolah,rekan guru,tenaga kependidikan untuk andil dalam pelaksanaan program sekolah
  • Murid yang aktif dan mandiri juga membantu saya dalam melaksanakan kegiatan kelas/sekolah
  • Lingkungan sekolah yang aman,nyaman akan membantu dalam melaksanakan program sekolah
  • Peran tokoh agama serta budaya di lingkungan sekitar sekolah yang bersedia untuk berkolaborasi dengan pihak sekolah,akan membantu saya dan rekan guru dalam melaksanakan kegiatan sekolah
  • Dukungan finansial dari anggaran BOS maupun dari pihak komite sekolah yang akan membantu dalam hal keuangan.Karena semua kegiatan pasti membutuhkan dana untuk kelancaran kegiatan

 

3.3..a.6 Refleksi terbimbing

by GEGET MULYANA

1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Hal yang menarik bagi saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya semakin sadar bahwa murid harus menjadi dasar bagi semua pengambilan keputusan yang kita buat di sekolah yang mana hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara yaitu, “Menumbuhkan Padi.”Juga hal menarik lainnya adalah orang tua harus benar-benar terlibat dalam hal pendidikan.

2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal yang mengejutkan adalah ternyata secara teori murid-murid bisa bertindak melebihi dari yang kita duga, yaitu mereka itu secara alamiah adalah seorang penyaji, artis, pengamat, penjelajah, penanya dan memiliki rasa ingin tahu.

3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Adapun hal yang akan saya rubah adalah ketika saya akan membuat program saya akan lebih mengedepankan suara, pilihan dan kepemilikan murid.

4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Saya sangat tertantang membuat sebuah program yang benar-benar efeknya berdampak pada murid.

5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Adapun sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid adalah dukungan kepala sekolah, visi-misi sekolah, rekan-rekan, orang tua, komite juga sarana dan prasarana.

ew blog post

https://drive.google.com/file/d/16zMutNAaZJmoO9SulNXcjaqPiMiQj6B9/view?usp=sharing

Permalink Edit Delete Add your comment

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  1. Hal menarik setelah saya mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bagaimana kita bisa menguatkan karakter student agency yang sama artinya dengan memunculkan voice, choice dan ownershipnya. Tugas kita sebagai guru hanya menyediakan lingkungan yang menumbuhkan budaya ketiganya (suara, pilihan dan kepemilikan) dalam apa yang mereka pikirkan, niat yang mereka tetapkan, bagaimana mereka melaksanakan niat mereka, dan bagaimana mereka merefleksikan tindakan mereka.
  2. Hal mengejutkan yang saya temukan saat proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah begitu banyak cara untuk mendorong dan menyediakan (mempromosikan) voice, choice, dan ownership. Juga ada begitu banyak strategi untuk menumbuhkan kepemimpinan murid dalam posisinya yang berada di lintas komunitas.
  3. Terjadi perubahan dalam program yang saya rencanakan, setelah mempelajari materi ini. Saya lebih mempertimbangkan bagaimana caranya supaya program yang saya buat mengoptimalkan pemunculan voice, choice, dan ownership murid. Saya juga lebih memikirkan bagaimana caranya lebih memberdayakan berbagai komunitas yang ada di sekitar murid untuk lebih mewujudkan student agency.
  4. Hal yang paling menantang dalam memahami modul ini adalah prinsip terakhir dalam membangun interaksi murid dengan komunitas: Menempatkan murid dalam kursi pengemudi. Karena tanpa sadar kita sebagai manusia dewasa merasa bahwa keputusan pilihan murid terkadang tidak tepat. Sehingga kita ingin menggiring keputusan tersebut condong ke pemikiran kita. Padahal seharusnya dalam proses pembuatan keputusan, komunitas dapat memberikan saran atau mendorong ide-ide murid, namun pada akhirnya perlu memastikan bahwa murid lah yang akan mengambil keputusan.
  5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid adalah rekan tim PKS kurikulum, juga rekan-rekan guru, KS, juga masukan dari beberapa KS yang menjadi motivator dan panutan saya, juga para orang tua murid. Dan dukungan yang paling utama adalah pendapat dari murid-murid.

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?
  4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?
  5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

1.  Yang menrik  setelah mempelajari mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah, kita menjadi tau ada 3 unsur untuk mengembangkan student agency atau kepemimpinan siswa, yaitu suara, pilihan dan kepemilikan siswa. jika siswa terlibat langsung dalam setiap program, maka hasil / feedbacknya pun akan terasa berbeda karena siswa memiliki tanggung jawab, keterlibatan, dan kepemilikan terhadap program sekolah tersebut.

2. dari ketiga unsur agency student,  bahwa Pilihan murid menjadi penting agar murid dapat mengambil kepemilikan atas pembelajaran mereka. Melalui pilihan dan kepemilikan, suara mereka dapat diwujudkan. dan dibutuhkan rencana yang terstruktur, dan keterlibat penuh dari semua pihak.

3. dalam membuat suatu program hendaknya kita memperhatikan 3 unsur voice, choice dan ownership murid.

4. yang menantang bagi saya, betapa program-program yang disampaikan pada saat diruang kolaborasi begitu banyak menginspirasi saya. Dimana setiap kelompok memaparkan program-program yang telah dilaksanakan di sekolah masing-masing berkenaan dengan student agency yang terdiri dari suara (Voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). saya merasa tertantang sekaligus terinspirasi untuk dapat  mengimplementasikan program-program yang telah didiskusikan dalam ruang kolaborasi kedalam lingkungan SMPN 55 Bandung.

5. Sumber daya manusia seperti KS, wakasek, rekan guru, serta murid itu sendiri, serta sumber daya sarana untuk menunjang program-program tersebut.

Permalink Edit Delete Add your comment
Gambar dari ADINDA KHOERUNNISA

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing

REFLEKSI TERBIMBING - ADINDA KHOERUNNISA

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing-Pengelolaan Program yang Bedampak pada Murid

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? Jawab: Yang menarik bagi saya sestelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah saya bisa mengajak murid untuk berpartisipasi aktif dalam setiap penentuan program yang berdampak positif bagi pengembangan potensi mereka sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar mereka dengan memperhatikan 7 karakter lingkungan yang bisa menumbuhkemabngkan kepemimpinan mereka.
  2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? Jawab: Yang mengejut yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bahwa murid itu mempunyai suara/voice, pilihan/choice, dan kepemilikan/ownership terhadap program yang mereka kembangkan atau buat sehingga mereka bisa melaksankan dengan rasa bangga, senang, dan bertanggung jawab.
  3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini? Jawab: Yang berubah dan yang akan saya lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini adalah perubahan mindset terhadap kepemimpinan murid (suara, pilihan, dan kepemilikan) sehingga saya akan senantiasa melibatkan murid saya dalam setiap penerapan program atau kegiatan yang berdampak terhadap diri mereka dalam proses pembelajaran.
  4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini? Jawab: Yang menantang bagi saya untuk memahami  apa yang disampaikan dalam modul ini adalah sejauh mana peran murid (suara, pilihan, dan kepemilikan) dalam menentukan dan menerapkan program atau kegiatan yang berdampak pada murid sehingga saya bisa mengetahui berapa persen porsi murid dan berapa persen porsi guru atau yang lainnya, yang berhubungan dengan program yang dicanangkan.
  5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid. Jawab: Sumber-sumber yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid adalah modal diri (peran dan nilai guru penggerak), teman sejawat, kepala sekolah, penguasaaan IT, murid yang heterogen, orang tua yang kordinatif, suasana sosial sekolah dan lingkungan, dan kemampuan warga sekolah yang siap melakukan inovasi dan perubahan terbaik bagi sekolah, khususnya dalam proses pembelajaran murid.

Refleksi terbimbing

1.yang menarik bagi saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid, disini saya jadi lebih tahu bagaimana kita bisa memanfaatkan  7 aset yang ada disekolah  dan siswa sebagai pusat yang merupakan salah satu aset manusia yang bisa kita gali potensinya, juga siswa juga ternyata bisa kita jadikan patner kita dalam pbelajaran , Karena dalam pengelolaan murid ini kita benar benar melibatkan siswa dalam program sekolah.dan ini merupakan salah satu jalan menuju merdeka belajar untuk menciptakan profil pelajar pancasila.

2.hal yang mengejutkan ternyata dengan melibatkan siswa  dalam program, dapat menggali siswa  untuk selalu belajar aktif dan terbiasa mengemukakan pendapat dan keinginan dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran, dan akan menumbuhkan rasa tanggung jawab ,mandiri dan kreatif

3.yang berubah yang akan saya lakukan mencoba untuk selalu menerapkan program dengan melibatkan murid .

4.yang menantang bahwa ketika saya mempelajari materi ini , begitu banyak tentang materi pengelolaan program yang berdampak pada murid ini, dan ada beberapa yang belum saya kuasai.

5.sumber sumber yang bisa mendukung program yang berdampak pada murid dalam program yang saya jalankan yaitu yang pertama yaitu : sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah yaitu berupa lahan kebun , Kepala sekolah, guru guru dan penjaga sebagai , siswa serta orang tua sebagai aset manusia , dan aset finansial sebagai sumber keuangan juga aset sosial , dimana kita bekerja sama dengan suatu instansi untuk menambah dana yang diperlukan 

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing

  1. Bagian yang menarik bagi saya adalah perlunya pembuktian melalui penelitan antara murid yang aktif dalam kepemimpinan dengan murid yang pasif beberapa tahun ke depan
  2. Saya temukan pada proses pembelajaran adalah hanya beberapa murid saja yang berani menegumukan pendapat, curah ide dan bekerja sama
  3. Setap kegiatan saya akan selalu menjad murid saya sebagai mitra untuk melatih murd saya bertanggung jawab atas idenya
  4. Bagan yang menantang pada modul ini, saya harus terus beralath untuk dapat cara membuka cakrawala pada murid dalam setuap kegiatan yang sangat banyak dan komplek
  5. Sumber dukungan yang saya mliki adalah saya dapat melakukan tekns komunikasi yang baik, teknik coaching dan keterampilan PSE

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Hal-hal yang baru saya temukan dalam perjalanan pembelajaran modul ini adalah dalam membuat program sekolah ternyata tidak hanya membuat saja akan tetapi harus memikirkan kepemilikan murid sehingga murid dapat menumbuhkan rasa kepemimpinannya dan juga suara dan pilihan murid sangat penting yang harus dilakukan dalam pembuatan program baik di kelas maupun program sekolah.

Tantangan yang saya hadapi dalam untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini adalah tentang memahami suara, piliha, dan kepemilikan murid kedalam menempatkan profil pelajar Pancasila dan dalam penerapan di 7 lingkungan 

Sumber-sumber dukungan apa saja yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid? sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid adalah keterlibatan lintas komunitas murid berada.

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

          Yang menarik bagi saya setelah mempelajari program yang berdampak pada murid adalah pembuatan program yang berdampak pada murid agar menumbuh kembangkan kepemimpinan murid ternyata kita dalam membuat program harus memikirkan suara, pilihan, dan kepemilikan murid dari program yang kita buat. 

2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Yang mengejetkan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah dalam pembuatan program harus menumbuhkan kepemimpinan murid dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk menentukan suara, pilihan, dan kepemilikan, serta memperhatikan karakteristik lingkungan yang dapat menumbuh kembangkan kepemimpinan murid

3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Yang berubah setelah memahami dan mempelajari materi ini adalah dalam membuat program agar berdampak kepada murid, guru tidak asal membuat program akan tetapi perlu beberapa pertimbangan program yang saya buat agar program yang saya buat dapat berdampak kepada murid.

4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Yang menantang bagi saya adalah cara membuat program yang dapat berdampak bagi murid yang dapat menumbuh kembangkan kepemimpinan murid baik untuk program intrakulikuler, kokulikuler, dan ekstrakulikuler. Paling menantang lagi saya membuat program ekstrakulikuler kebetulan saya memegang eksatrakulikuler pramuka sehingga dari materi yang saya dapatkan ini sebagai bekal saya membuat program yang dapat berdampak pada murid.

5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid?

Sumber-sumber dukungan untuk membantu menyusun program yang berdampak pada murid adalah murid, rekan guru, kepala sekolah, dan orang tua

Refleksi Terbimbing

Refleksi Terbimbing

Permalink Edit Delete Add your comment
Gambar dari YUSI PEBRUANTI

New blog post

refleksi terbimbing 3.3

Permalink Edit Delete Add your comment
Gambar dari AKBAR ZAMIL

Refleksi Terbimbing_Akbar

1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Hal yang menarik bagi saya adalah saya dapat merancang pembelajaran yang berpusat kepada murid; serta melaksanakan praktek  keteladanan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila di lingkungan sekolah.


2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?  

Pada pembelajaran kali ini tentang saya menemukan banyak pencerahan mengenai membuat Program/kegiatan sekolah yang berorientasi dan berpihak pada murid sehingga dapat memberikan makna sebagai bentuk dampak yang dirasakan oleh murid nantinya. Lalu saya dapat belajar untuk mengidentifikasikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam program/kegiatan sekolah. Kemudian Suara, pilihan, dan kepemilikan murid perlu diupayakan oleh sekolah sebagai sebuah komunitas. Sehingga saya dapat melakukan apa yang harus disiapkan oleh sekolah untuk menciptakan suara, pilihan, dan rasa kepemilikan murid


3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Hal yang saya rasa terdapat perubahan pola pikir dan tercerahkan. Sehingga saya dapat  mencoba membuat perencanaan penciptaan  sekolah sebagai lingkungan belajar yang memberikan ruang seluas-luasnya kepada murid untuk dapat menciptakan suara, pilihan, dan kepemilikan.


4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Bagaimana saya sebagai CGP dan mendorong peran komunitas menyiapkan lingkungan yang dapat mendukung terciptanya suara, pilihan, dan kepemilikan murid. Kemudian dapat membuat aksi nyata yang berkelanjutan dan memiliki dampak positif.


5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid?

Peran komunitas (aset manusia) , sarana dan prasaranan (aset fisik) dan dukungan anggaran (aset finansial )menurut saya akan sangat  membantu dalam penyusunan program/kegiatan  yang berdampak pada murid serta untuk tahap implementasinya.

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing

  1. Beberapa yang menarik bagi saya setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid adalah bahwa setiap perencanaan program yang akan dilakukan haruslah dimulai dengan melakukan identifikasi dan pemetaan berdasarkan sumber daya yang dimiliki dengan melihat potensi dan kekuatan yang ada. Berdasarkan hal tersebut barulah sumber daya atau aset yang sudah dipetakan untuk dimanfaatkan sebagai program sekolah yang berdampak pada murid dengan menekankan kepemimpinan pada murid baik dari keaktifan dan peran murid dalam program tersebut. Hal menarik lainnya yaitu :


  • Menentukan sebuah kegiatan yang memunculkan ide siswa, ide yang murni dari siswa untuk kepentingan bersama.

  • Menentukan skala prioritas ide dan gagasan mana yang sesuai kebutuhan siswa dan sekolah bisa diterapkan.

  • Tiga aspek penting kepemimpinan siswa yakni Suara (Voice), Pilihan (Choice) dan Kepemilikan (Ownership) dalam hal ini saya berdiskusi banyak dengan teman-teman guru CGP dan teman sejawat untuk menemukan bentuk program dan strategi yang tepat untuk menyediakan kegiatan siswa dari tiga aspek tersebut.

  • Program yang berpihak pada murid baik suara, pilihan dan kepemilikan, sehingga kegiatan dapat diterapkan berkelanjutan.

2. Hal yang terbaru yang mengejutkan saya temukan pada Modul Kepemimpinan Berdampak pada Murid dalam pengelolaan pembelajaran baik intrakulikuler, kokulikuler dan ekstra kurikuler adalah:

- Ide digali dan diusulkan oleh murid menjadi program sekolah.

- Program diterapkan dari murid oleh murid untuk siswa dan dievaluasi oleh guru sebagai pendamping.

- Program Intra, Ko dan Ekstra Kurikuler dikemas untuk memberi kesempatan kepada murid  mengembangkan kegiatan yang kreatif dan menyenangkan.

3. Perubahan yang akan saya lakukan setelah memahami atau mempelajari materi modul 3.3 adalah:

- Merencanakan dan membuat program yang berdampak pada murid dengan Mengidentifikasi dan memetakan aset/ sumber daya yang ada di sekolah

- Menyusun program berdasarkan tahapan BAGJA/ 5D

- Melakukan perencanaan program sampai evaluasi dengan menggunakan strategi MELR

- Menerapkan manajemen risiko dari program yang akan dilaksanakan di sekolah

Membentuk Tim Kerja

- Sosialisasi

- Launching

- Melakukan monitoring, refleksi dan evaluasi dalam pengelolaan program

4. Tantangan bagi saya untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini yaitu :

Saya  harus dapat menyusun program sederhana yang melibatkan murid dan orang tua dan dalam penyusunan program yang berdampak pada murid,  menggunakan pendekatan BAGJA dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Saya harus optimis bahwa dengan pendekatan BAGJA akan memberikan solusi alternatif atas permasalahan siswa di sekolah. 

Saya harus dapat mengidentifikasi dan menginventarisasi kekuatan yang ada untuk dimaksimalkan dengan cara menyusun program yang diawali dari perumusan tujuan berupa pertanyaan sekolah yang diimpikan hingga memetakan potensi yang mungkin bisa dioptimalkan dengan bercermin pada evaluasi hasil kegiatan sebelumnya.

Sebagai gambaran penyusunan program terutama dalam mengantisipasi segala kemungkinan resiko yang akan terjadi, sehingga saya harus  siap apabila rencana yang dijabarkan belum menemui hasil yang diharapkan dengan menyiapkan rencana alternatif untuk melakukan eksekusi kegiatan.

5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Dalam rangka mewujudkan lingkungan belajar yang dapat menumbuhkan program yang berdampak pada murid, guru dan sekolah tentunya tidak dapat bekerja sendiri. Mereka akan memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Ada sumber dukungan yang saya miliki yakni 7 aset sekolah meliputi Manusia (siswa, guru, staf, orang tua, komite dll), aset sosial, aset fisik, aset politik, aset agama/budaya, aset finansial. Ketujuh aset ini yang harus dapat dikelola untuk kemajuan sekolah hingga kesempatan belajar siswa diberikan secara luas.

REFLEKSI TERBIMBING

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3.

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

Tiga aspek penting kepemimpinan siswa yakni Suara (Voice), Pilihan (Choice) dan Kepemilikan (Ownership) dalam hal ini saya berdiskusi banyak dengan teman-teman guru CGP dan teman sejawat untuk menemukan bentuk program dan strategi yang tepat untuk menyediakan kegiatan siswa dari tiga aspek tersebut.

Saya mampu menyerahkan program yang berpihak pada murid baik suara, pilihan dan kepemilikan, sehingga kegiatan dapat diterapkan berkelanjutan.

2.Apa hal yang mengejutkan yang anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal terbaru yang saya temukan pada modul kepemimpinan berdampak pada murid adalah:

ide digali dan diusulkan oleh siswa menjadi program sekolah.Program diterapkan dari siswa  oleh siswa untuk siswa dan dievaluasi oleh guru sebagai pendamping..Program Intra,ko dan ekstra kurikuler dikemas untuk memberi kesempatan siswa mengembangkan kegiatan yang kreatif dan menyenangkan.

3. Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

setelah mempelajari dan memahami materi mengenai pengelolaan program yang berdampak pada murid,saya akan melakukan perubahan:

* melakukan pemetaan,gali ide,pengelolaan data,konsultasi,membentuk tim dan sosialisasi.

4..Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

strategi dandesain produk  untuk perubahan yakni dari input ---kegiatan---proses----output dan  outcome---dampak

input : sebagai catatan input  adalah menggali ide program,melihat dan menganalisis.

kegiatan: siswa mengembangkan kegiatan berupa rundown  acara

proses: kegiatan dikemas untuk aktivitas yang tidak sesaat tetapi berkelanjutan

5.Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

ada sumber dukunan yang saya miliki yakni 7 aset sekolah  aset manusia,aset sosial,aset fisik,aset politik,aset agama.ketujuh ast ini yang harus dapat dikelola untuk kemajuan sekolah sehingga kesempatan belajar siswa diberikan secara luas

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing

3.3.a.6 Refleksi Terbimbing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prinsip Coaching

  Prinsip Coaching Definisi  coaching  menurut ICF ( International Coaching Federation ) adalah “Hubungan kemitraan dengan klien, dalam su...