30 Mei 2022

3.3.a.3. Mulai Dari Diri - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang saya telah ketahui tentang program yang berdampak pada murid? 
  2. Bagaimana kaitan antara  program yang berdampak pada murid dengan student agency (kepemimpinan murid)?
  3. Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?

Bapak dan Ibu calon guru penggerak,

Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri.  Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.

Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini. 

Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Tanggapan ini bersifat urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan dinilai.

Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler. 

Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid. 

Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut.  Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1

Apa kegiatan/programnya?

Respondent

Response

WIWIN SAWINAH

Pada saat Sekolah SD dan SMP mengikuti kegiatan Pramuka dan SMA mengikuti kegiatan PMR dan Pencak silat

YUSI PEBRUANTI

Kegiatan ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah menjadi anggota OSIS.

SUMARNI .

Kegiatan pramuka / kemping (berkemah)

FITRIA AGUSTINI

Kegiatan saya waktu saya menjadi murid saya baru aktif mengikuti kegiatan di sekolah itu waktu SMP, saya mengikuti kegiatan pramuka, dan olahraga basket. lalu pada saat SMA saya mengikuti kegiatan teater, basket, dan kegiatan pentas seni yang ada di sekolah. Selain itu juga saya suka mengikuti kegiatan studi tour yang diadakan di sekolah.

AGUS GUSTIAWAN

Pada tahun 1985 saat duduk di bangku SMP, saya aktif di program sekolah berupa kegatan ekstrakurikuler PRAMUKA.

ADINDA KHOERUNNISA

Pada saat saya sekolah di SD, SMP saya aktif mengikuti program kepramukaan, sedangkan saat SMA saya mengikuti ekskul paskibra dan ikatan remaja mesjid. Sedangkan kegiatan kokulikuler saat SMA saya mengikuti program ilmu teknologi dan komunikasi. 

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Mengikuti kegiatan Paskibra saat SMP, dan menjadik seksi pendidikan di OSIS saat SMA

 

 

2

Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?

Respondent

Response

WIWIN SAWINAH

Di ke pramukaan dan PMR saya berperan sebagai anggota, sedangkan Pencak silat saya berperan sebagai murid 

YUSI PEBRUANTI

Saya berperan sebagai seksi bidang prestasi akademik

SUMARNI .

Peserta /Anggota pramuka

FITRIA AGUSTINI

Saya berperan sebagai anggota dari semua kegiatan yang saya ikuti. tetapi pada kegiatan pentas seni waktu SMA saya dipercaya sebagai sie. acara dalam kegiatan tersebut. 

AGUS GUSTIAWAN

waktu menjadi anggota pramuka penggelang tahun 1985 saya berperan sebagaii wakil pimpinan regu.

ADINDA KHOERUNNISA

Pada program pramuka saya berperan sebagai koordinator putri, paskibra berperan sebagai sekretaris, ikuatan remaja mesjid berperan sebagai anggota, dan program ilmu teknologi dan komunikasi sebagai anggota.

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Saat di Paskibra menjadi anggota, di OSIS menjadi seksi pendidikan.

 

 

 

3

Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?

Respondent

Response

WIWIN SAWINAH

Perasaan saya antusias mengikutinya 

YUSI PEBRUANTI

Saya merasa senang dan bersemangat.

SUMARNI .

Sangat senang dan bangga menjadi anggota pramuka

FITRIA AGUSTINI

Saya sangat senang mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut karena tentu kegiatan tersebut dilakukan di luar kelas, banyak aktivitas yang bisa saya lakukan, saya bisa mengeksplorasi diri hal-hal apa yang bisa saya dapat dari kegiatan kepramukaan, basket, teater, maupun pentas seni, dan study tour.

AGUS GUSTIAWAN

Perasaan saya saat itu sangat bahagia dan menjadi kegiatan favorit saya tunggu setap minggunya karena menjadi waktu saya bermain dan belajar. Belajar berkomunikasi, keteramplan dan belajar memimpin.  Pada kegatan pramuka saat itu benar-benar saya sangat bahagia/bergembira sebab dapat bermain sambl belajar secara nyata.

ADINDA KHOERUNNISA

Saya sangat bersyukur dapat mengikuti berbagai program tersebut, karena saya mempunyai kesempatan untuk belajar berbagai hal yang tidak saya dapatkan dalam kelas.

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Senang, bersemangat, ingin selalu aktif, termotivasi

 

 

4

Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?

Respondent

Response

WIWIN SAWINAH

Karena dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sangat menyenangkan 

YUSI PEBRUANTI

karena dengan mengikuti kegiatan tersebut saya dapat menambah teman, belajar berkomunikasi secara terstruktur, dan belajar berkolaborasi dalam membuat suatu program.

SUMARNI .

Kegiatan kepramukaan (berkemah) memberikan banyak pengalaman yang luar biasa berkesan, mengenal alam sekira, belajar bekerja sama dalam kehidupan nyata, belajar memenuhi kebutuhan sendiri, mandiri, disiplin dan kekeluargaan yang sangat menyenangkan

FITRIA AGUSTINI

Berkesan karena apa yang saya lakukan adalah hal yang saya sukai, kedua karena kegaitan tersebut tidak menuntut kita belajar di kelas tetapi kita belajar dengan lingkungan sekitar seperti pramuka saya belajar bagaimana saya bisa mendirikan tenda, hidup di alam terbuka hal ini begitu mengasikan. Saat saya melakukan aktivtitas baskes, saya merasa senang bermain dan berolahra, lalu pada kegiatan teater saya sangat suka bermain watak, dan pada kegiatan pentas seni saya belajar bagaimana menyusun acara akan menjadi tontonan yang tidak monoton. Selain itu kegiatan study tour merupakan pengalaman yang benar-benar menyenangkan karena kita bisa mengunjungi tempat-tempat baru, melihat2 museum, belajar dari tempat-tempat yang kita kunjungi.

AGUS GUSTIAWAN

Seperi alasan pada jawaban no 3. alasan saya bahagia dan gembira adalah:

  1.  Dapat bertemu temu dengan teman teman di luar kelas bahkan bisa di tempat yang baru (bukit, pegunungan  bahkan sungai)
  2. Dapat bermain sambl belajar
  3. Menemukan materi di luar jam mata pelajaran, seperti: morse, semaphore, tali temal, cara mendirkan tenda, cara memasak, cara menyebrang sungai, cara mengukur lebar sunga dan banyka lagi materi yang bermanfaat
  4. Saya dapat belajar bertanggung jawab
  5. saya dapat belajar menjadi pemimpin

ADINDA KHOERUNNISA

Berbagai program yang saya ikuti tersebut sangat berkesan untuk saya, karena saya dapat memperolah banyak teman, berbagi pengalaman, belajar berkolaborasi dan berkomunikasi dengan banyak orang.

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Karena pengalaman tersebut tidak akan datang dua kali, jadi setiap ada kesempatan harus dimanfaatkan

 

 

5

Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Respondent

Response

WIWIN SAWINAH

Karena banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan baik Pramuka, PMR, maupun pencak silat

YUSI PEBRUANTI

Pembelajaran yang dapat saya ambil yaitu bahwa untuk menumbuhkan dan menguatkan karakter murid itu tidak cukup hanya dengan kegiatan belajar mengajar di kelas tetapi murid juga perlu diberikan wadah atau tempat untuk mengembangkan bakat dan minatnya.

SUMARNI .

Belajar mandiri, kerja sama, disiplin, hidup tidak mudah,  pekerjaan rumah(orang tua) sangat banyak dan susah

FITRIA AGUSTINI

Pembelajaran yang saya ambil adalah bagaimana menyenangkannya jika belajar tidak hanya di kelas, kita bisa mengeksplor lingkungan-lingkungan sekitar kita. Selain itu bagaimana kita bisa terlibat langsung dalam kegiatan itu berpartisipasi aktif dan juga melakukan kegiatan sesuai dengan yang kita sukai hal itu lebih membuat kita merasa termotivasi dan selalu diingat.

AGUS GUSTIAWAN

Pembelajaran yang dapat diambil pada kegiatan pramuka saat itu:

  1. Menemukan materi di luar jam mata pelajaran, seperti: morse, semaphore, tali temal, cara mendirkan tenda, cara memasak, cara menyebrang sungai, cara mengukur lebar sunga dan banyka lagi materi yang bermanfaat
  2. Saya dapat belajar bertanggung jawab
  3. saya dapat belajar menjadi pemimpin

ADINDA KHOERUNNISA

Dengan mengikuti program pramuka saya lebih cekatan dan mandiri, dengan mengikuti paskibra saya belajar untuk lebih disiplin, dengan mengikuti ikatan remaja mesjid saya banyak belajar agama lebih dalam lagi.

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Paskibra mengajarkan saya untuk kerjasama, kompak, setia kawan, 1 suara dan 1 komando. Dalam OSIS pun sama, kita diajak untuk menjadi contoh yang baik bagi adik kelas

Total responses to question

7/7

6

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?

 

Respondent

Response

WIWIN SAWINAH

Pengalaman ini berdampak kepada saya karena dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat mengajarkan saya kepemimpinan, kemandirian, dan bertahan hidup.

YUSI PEBRUANTI

Dampak yang  saya rasakan dari pengalaman mengikuti ekstrakurikuler OSIS adalah saya lebih percaya diri dan berani mengemukakan pendapat di sebuah forum.

SUMARNI .

Banyak membantu orang tua dalam pekerjaan sehari-hari

FITRIA AGUSTINI

Hal yang berdampak pada diri saya sekarang, saya selalu berharap bisa membuat pembelajaran yang membuat murid-murid saya senang dan termotivasi untuk belajar. Agar-agar ilmu-ilmu yang diberikan oleh saya bisa berdampak dan bermanfaat bagi mereka.

AGUS GUSTIAWAN

Pengalaman ketka aktif ekskul Pramuka saat di SMP yang berddampak sapai sekarang adalah:

  1.  saya selalu ingin menjad manusia yang berguna bagi orang lain dengan cara membantu orang lain sesuai kemapuan saya
  2. saya selalu  ingin berkreasi membuat sesuatu yang berguna
  3. saya mampu memimpin menjadi RT
  4. saya mampu memimpin rapat
  5. saya mempu member semanagat/memtivasi murid
  6. saya dapat menjadi pemimpin d keluarga saya

ADINDA KHOERUNNISA

Dampaknya saya menjadi pribadi yang mandiri, pantang menyerah dalam mengadapi masalah, ulet dalam mengerjakan suatu hal.

JULFAH RODIYAH KUSUMAWATI

Dari Paskibra saya menjadi sosok yang tertib, mengikuti aturan, kompak dan senang bekerjasama. Dari OSIS saya belajar bagaimana kita bersikap, menjadi contoh adik kelas, dan cara berorganisasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Prinsip Coaching

  Prinsip Coaching Definisi  coaching  menurut ICF ( International Coaching Federation ) adalah “Hubungan kemitraan dengan klien, dalam su...