Pertanyaan Pemantik
- Apa yang saya telah ketahui tentang program yang berdampak pada murid?
- Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan student agency (kepemimpinan murid)?
- Apa yang ingin saya ketahui lebih lanjut tentang program yang berdampak pada murid?
Bapak dan Ibu calon guru penggerak,
Selamat datang di sesi pembelajaran 1, Mulai Dari Diri. Sebelum Bapak/Ibu memulai tahapan pembelajaran 1 ini, kami ingin menyampaikan terlebih dahulu bahwa di sepanjang tahapan pembelajaran dalam modul ini, Bapak/Ibu akan selalu diberikan pertanyaan pemantik di awal setiap tahapan pembelajaran. Pertanyaan-pertanyaan pemantik ini tidak perlu dijawab. Tujuan dari pertanyaan-pertanyaan pemantik tersebut lebih kepada memancing pemikiran dan rasa ingin tahu Bapak/Ibu terhadap materi yang akan dipelajari dan menjadi bagian upaya kami untuk mendorong Bapak/Ibu untuk menggali lebih dalam konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini.
Sekarang, mari kita mulai sesi pembelajaran 1 ini.
Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.
Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid tersebut. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Tanggapan ini bersifat urun pengalaman dari seluruh peserta, sehingga di sesi ini Anda tidak akan dinilai.
Saat Bapak/Ibu bersekolah dulu, Bapak/Ibu tentu pernah mengikuti berbagai
program/kegiatan di sekolah. Program/kegiatan itu dapat berupa program/kegiatan
intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.
Program/kegiatan intrakurikuler merupakan merupakan program/kegiatan utama
sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan
dalam struktur program sekolah. Program/Kegiatan ini dilakukan oleh guru dan
murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal
dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Sementara itu, program/kegiatan
kokurikuler merupakan program/kegiatan yang dilaksanakan sebagai penguatan atau
pendalaman kegiatan intrakurikuler. Program/kegiatan ini meliputi kegiatan
pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya,
dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Sedangkan
program/kegiatan ekstrakurikuler adalah program/kegiatan yang dilakukan oleh
peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan
kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan
dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan,
kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.
Nah, sekarang kami ingin Bapak/Ibu mengingat kembali dan melakukan refleksi
terhadap pengalaman bapak/Ibu saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan
sekolah semasa menjadi murid tersebut. Refleksi dapat dilakukan dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1
Apa kegiatan/programnya?
Respondent |
Response |
Pada saat Sekolah SD dan SMP mengikuti kegiatan Pramuka dan SMA mengikuti
kegiatan PMR dan Pencak silat |
|
Kegiatan ekstrakurikuler yang saya ikuti adalah menjadi anggota OSIS. |
|
Kegiatan pramuka / kemping (berkemah) |
|
Kegiatan saya waktu saya menjadi murid saya baru aktif mengikuti kegiatan
di sekolah itu waktu SMP, saya mengikuti kegiatan pramuka, dan olahraga
basket. lalu pada saat SMA saya mengikuti kegiatan teater, basket, dan
kegiatan pentas seni yang ada di sekolah. Selain itu juga saya suka mengikuti
kegiatan studi tour yang diadakan di sekolah. |
|
Pada tahun 1985 saat duduk di bangku SMP, saya aktif di program sekolah
berupa kegatan ekstrakurikuler PRAMUKA. |
|
Pada saat saya sekolah di SD, SMP saya aktif mengikuti program
kepramukaan, sedangkan saat SMA saya mengikuti ekskul paskibra dan ikatan
remaja mesjid. Sedangkan kegiatan kokulikuler saat SMA saya mengikuti program
ilmu teknologi dan komunikasi. |
|
Mengikuti kegiatan Paskibra saat SMP, dan menjadik seksi pendidikan di
OSIS saat SMA |
|
|
|
2
Berperan sebagai apa Bapak/Ibu saat itu?
Respondent |
Response |
|
Di ke pramukaan dan PMR saya berperan sebagai anggota, sedangkan Pencak
silat saya berperan sebagai murid |
||
Saya berperan sebagai seksi bidang prestasi akademik |
||
Peserta /Anggota pramuka |
||
Saya berperan sebagai anggota dari semua kegiatan yang saya ikuti. tetapi
pada kegiatan pentas seni waktu SMA saya dipercaya sebagai sie. acara dalam
kegiatan tersebut. |
||
waktu menjadi anggota pramuka penggelang tahun 1985 saya berperan
sebagaii wakil pimpinan regu. |
||
Pada program pramuka saya berperan sebagai koordinator putri, paskibra
berperan sebagai sekretaris, ikuatan remaja mesjid berperan sebagai anggota,
dan program ilmu teknologi dan komunikasi sebagai anggota. |
||
Saat di Paskibra menjadi anggota, di OSIS menjadi seksi pendidikan. |
||
|
||
|
|
|
3
Bagaimana perasaan Bapak/Ibu saat itu?
Respondent |
Response |
Perasaan saya antusias mengikutinya |
|
Saya merasa senang dan bersemangat. |
|
Sangat senang dan bangga menjadi anggota pramuka |
|
Saya sangat senang mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut karena tentu
kegiatan tersebut dilakukan di luar kelas, banyak aktivitas yang bisa saya
lakukan, saya bisa mengeksplorasi diri hal-hal apa yang bisa saya dapat dari
kegiatan kepramukaan, basket, teater, maupun pentas seni, dan study tour. |
|
Perasaan saya saat itu sangat bahagia dan menjadi kegiatan favorit saya
tunggu setap minggunya karena menjadi waktu saya bermain dan belajar. Belajar
berkomunikasi, keteramplan dan belajar memimpin. Pada kegatan pramuka
saat itu benar-benar saya sangat bahagia/bergembira sebab dapat bermain sambl
belajar secara nyata. |
|
Saya sangat bersyukur dapat mengikuti berbagai program tersebut, karena
saya mempunyai kesempatan untuk belajar berbagai hal yang tidak saya dapatkan
dalam kelas. |
|
Senang, bersemangat, ingin selalu aktif, termotivasi |
|
|
|
4
Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Bapak/Ibu?
Respondent |
Response |
Karena dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sangat menyenangkan |
|
karena dengan mengikuti kegiatan tersebut saya dapat menambah teman,
belajar berkomunikasi secara terstruktur, dan belajar berkolaborasi dalam
membuat suatu program. |
|
Kegiatan kepramukaan (berkemah) memberikan banyak pengalaman yang luar
biasa berkesan, mengenal alam sekira, belajar bekerja sama dalam kehidupan
nyata, belajar memenuhi kebutuhan sendiri, mandiri, disiplin dan kekeluargaan
yang sangat menyenangkan |
|
Berkesan karena apa yang saya lakukan adalah hal yang saya sukai, kedua
karena kegaitan tersebut tidak menuntut kita belajar di kelas tetapi kita
belajar dengan lingkungan sekitar seperti pramuka saya belajar bagaimana saya
bisa mendirikan tenda, hidup di alam terbuka hal ini begitu mengasikan. Saat
saya melakukan aktivtitas baskes, saya merasa senang bermain dan berolahra,
lalu pada kegiatan teater saya sangat suka bermain watak, dan pada kegiatan
pentas seni saya belajar bagaimana menyusun acara akan menjadi tontonan yang
tidak monoton. Selain itu kegiatan study tour merupakan pengalaman yang
benar-benar menyenangkan karena kita bisa mengunjungi tempat-tempat baru,
melihat2 museum, belajar dari tempat-tempat yang kita kunjungi. |
|
Seperi alasan pada jawaban no 3. alasan saya bahagia dan gembira adalah:
|
|
Berbagai program yang saya ikuti tersebut sangat berkesan untuk saya,
karena saya dapat memperolah banyak teman, berbagi pengalaman, belajar
berkolaborasi dan berkomunikasi dengan banyak orang. |
|
Karena pengalaman tersebut tidak akan datang dua kali, jadi setiap ada
kesempatan harus dimanfaatkan |
|
|
|
5
Apa pembelajaran yang bapak/ibu ambil dari kegiatan/ program tersebut?
Respondent |
Response |
Karena banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan baik
Pramuka, PMR, maupun pencak silat |
|
Pembelajaran yang dapat saya ambil yaitu bahwa untuk menumbuhkan dan
menguatkan karakter murid itu tidak cukup hanya dengan kegiatan belajar
mengajar di kelas tetapi murid juga perlu diberikan wadah atau tempat untuk
mengembangkan bakat dan minatnya. |
|
Belajar mandiri, kerja sama, disiplin, hidup tidak mudah, pekerjaan
rumah(orang tua) sangat banyak dan susah |
|
Pembelajaran yang saya ambil adalah bagaimana menyenangkannya jika
belajar tidak hanya di kelas, kita bisa mengeksplor lingkungan-lingkungan
sekitar kita. Selain itu bagaimana kita bisa terlibat langsung dalam kegiatan
itu berpartisipasi aktif dan juga melakukan kegiatan sesuai dengan yang kita
sukai hal itu lebih membuat kita merasa termotivasi dan selalu diingat. |
|
Pembelajaran yang dapat diambil pada kegiatan pramuka saat itu:
|
|
Dengan mengikuti program pramuka saya lebih cekatan dan mandiri, dengan
mengikuti paskibra saya belajar untuk lebih disiplin, dengan mengikuti ikatan
remaja mesjid saya banyak belajar agama lebih dalam lagi. |
|
Paskibra mengajarkan saya untuk kerjasama, kompak, setia kawan, 1 suara
dan 1 komando. Dalam OSIS pun sama, kita diajak untuk menjadi contoh yang
baik bagi adik kelas |
|
Total responses to question |
7/7 |
6
Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang?
Respondent |
Response |
Pengalaman ini berdampak kepada saya karena dari kegiatan-kegiatan
tersebut dapat mengajarkan saya kepemimpinan, kemandirian, dan bertahan
hidup. |
|
Dampak yang saya rasakan dari pengalaman
mengikuti ekstrakurikuler OSIS adalah saya lebih percaya diri dan berani
mengemukakan pendapat di sebuah forum. |
|
Banyak membantu orang tua dalam pekerjaan sehari-hari |
|
Hal yang berdampak pada diri saya sekarang, saya selalu berharap bisa
membuat pembelajaran yang membuat murid-murid saya senang dan termotivasi
untuk belajar. Agar-agar ilmu-ilmu yang diberikan oleh saya bisa berdampak
dan bermanfaat bagi mereka. |
|
Pengalaman ketka aktif ekskul Pramuka saat di SMP yang berddampak sapai
sekarang adalah:
|
|
Dampaknya saya menjadi pribadi yang mandiri, pantang menyerah dalam
mengadapi masalah, ulet dalam mengerjakan suatu hal. |
|
Dari Paskibra saya menjadi sosok yang tertib, mengikuti aturan, kompak
dan senang bekerjasama. Dari OSIS saya belajar bagaimana kita bersikap,
menjadi contoh adik kelas, dan cara berorganisasi |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar