28 September 2022

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Merdeka

 



Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kurikulum Merdeka

1. Kurikulum dapat dimaknai sebagai segala sesuatu yang dipelajari murid.

 Benar

 Salah


2.  Dalam mewujudkan pembelajaran yang transformatif pada projek pembelajaran yang akan dilakukan, Bu Monik mendorong murid untuk membuat aksi nyata dalam isu sosial yang terjadi di sekitarnya berkaitan dengan materi yang mereka pelajari. Agar murid melakukan aksi dengan tepat, Bu Monik sebaiknya terlebih dahulu mengajak murid untuk melakukan hal-hal berikut, kecuali…. 

  meminta murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan

  mengajak murid untuk mengantisipasi semua konsekuensi atas aksi yang akan dilakukan

  mendorong murid untuk memahami tujuan dirinya dan antar murid dalam melakukan aksi nyata tersebut

 mengajak murid untuk melihat rencana aksi yang akan dilakukan dari perspektif yang berbeda


3.  Pernyataan yang tepat mengenai perubahan kurikulum adalah…

  Kurikulum diubah untuk memberikan tantangan yang lebih besar bagi murid

  Perubahan kurikulum merupakan semata-mata tuntutan kebutuhan industri

  Kurikulum diubah untuk memenuhi kebutuhan murid terhadap perubahan zaman

  Perubahan kurikulum harus mengacu kepada pendidikan negara maju


4.  Sebagai salah satu kepala sekolah di daerah tertinggal, Bu Solihat mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kunjungan ke sebuah sekolah di luar negeri. Beliau melihat materi pelajaran di sana lebih tinggi daripada di Indonesia. Beliau berkesimpulan bahwa negara tersebut bisa jauh lebih maju dari Indonesia karena materi pembelajarannya lebih tinggi. Saat kembali ke sekolahnya, Bu Solihat menyampaikan hal tersebut kepada seluruh guru dan meminta guru untuk menaikkan level materi pembelajaran yang diberikan kepada murid. Ia berharap murid-muridnya akan dapat lebih maju dan bersaing dengan murid dari sekolah lain.

Pendapat yang tepat mengenai hal yang dilakukan oleh Bu Solihat di atas adalah….

  Hal tersebut tepat dilakukan karena negara maju patut menjadi contoh dalam pengembangan kurikulum

  Hal tersebut tidak tepat dilakukan karena lebih cocok diterapkan terlebih dahulu di sekolah perkotaan

  Hal tersebut akan berhasil meningkatkan kompetensi dan daya saing murid di sekolahnya

  Hal tersebut dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan karakter dan kebutuhan murid


5.  Alasan utama mengapa sekolah perlu melakukan adaptasi terhadap kurikulum dari pemerintah adalah ….

  tidak semua guru memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk menjalankan kurikulum dari pemerintah

  setiap satuan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda

  kurikulum yang dikeluarkan oleh pusat masih perlu pengembangan secara berkelanjutan

  guru membutuhkan kurikulum yang dapat lebih dipahami dan diaplikasikan di sekolah


6. Bu Sondang mengajar di sebuah sekolah di daerah pegunungan dan perkebunan. Murid di kelasnya sedang mempelajari berbagai cara pengawetan makanan. Pada buku paket, Bu Sondang mendapati latihan yang harus dikerjakan murid adalah melakukan pengawetan ikan dengan penggaraman. Hal yang sebaiknya dilakukan Bu Sondang adalah….

  meminta murid untuk mengerjakan latihan sesuai yang terdapat pada buku paket 

  melewati bagian latihan tersebut dan melanjutkan ke materi berikutnya 

  mengajak murid untuk melakukan pengawetan dengan teknik penggaraman pada makanan hewani lainnya

  mengajak murid untuk melakukan berbagai teknik pengawetan buah atau sayuran yang ada di daerahnya


7.  Berikut yang merupakan hal-hal unik yang dimiliki sekolah atau yang disebut karakteristik satuan pendidikan adalah...

  Kondisi daerah satuan pendidikan

  Latar belakang ekonomi murid

  Sarana dan prasarana satuan pendidikan

  Semua benar


8.  Berdasarkan hasil analisis diagnostik dan survey karakter, didapatkan bahwa murid SMP Merdeka Belajar secara umum memiliki karakter sebagai berikut:

  1. berasal dari keluarga petani dengan ekonomi menengah ke bawah
  2. memilih untuk bekerja atau menikah dibandingkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
  3. memiliki gawai dengan spesifikasi terbatas
  4. memiliki ketertarikan dan potensi pada bidang seni dan olah raga

hal berikut dapat dilakukan sekolah dalam rangka mengakomodasi kebutuhan murid dalam kurikulum di sekolah berdasarkan informasi di atas, kecuali....

  mengadakan ekstrakurikuler dalam bidang seni dan olah raga sesuai minat dan sumber daya yang ada

  memasukkan pendidikan seksual dalam pembelajaran untuk meminimalisir pernikahan usia dini

  mengintegrasikan muatan kewirausahaan dalam pelajaran untuk menyiapkan murid menjadi pekerja

  melibatkan murid dalam usaha penghijauan sekolah

Semoga Bermanfaat



22 Agustus 2022

Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) PGP Reguler Angkatan 8 (untuk PP PGP angkatan 8, 9, dan 10)

 

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 
PGP Reguler angkatan 8, 9, dan 10 akan dilaksanakan pada tahun 2023. Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) akan dilaksanakan secara serentak pada angkatan 8 (untuk Pengajar Praktik angkatan 8, 9, dan 10) dengan sasaran 484 Kabupaten/Kota. Hasil rekrutmen CPP secara serentak tersebut selanjutnya akan didistribusikan sesuai sasaran angkatan per kabupaten/kota. 
Dari jumlah 514 kabupaten/kota, sejumlah 484 kabupaten/kota akan dijalankan dengan PGP Reguler, dan 30 kabupaten akan dijalankan dengan PGP Daerah Khusus (Dasus) dan PGP Intensif. Daftar 30 Kabupaten sasaran PGP dasus dan intensif ada pada Lampiran 1. Informasi dan Jadwal rekrutmen CGP dasus dan intensif, akan diinformasikan tersendiri. Proses pelaksanaan rekrutmen CPP melalui tahapan-tahapan seleksi. Sehubungan dengan hal  tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut.

1. Kebutuhan Pengajar Praktik PGP Reguler angkatan 8, 9, dan 10 pelaksanaan tahun 2023

Angkatan 8

Angkatan 9

Angkatan 10

4.000 Pengajar Praktik

4.000 Pengajar Praktik

11.000 Pengajar Praktik

2.
3. Proses rekrutmen CPP PGP Reguler dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:
tahap 1 : registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, dan penilaian esai;
tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.
tahap 3 : pembekalan CPP
Registrasi akan dibuka mulai tanggal 23 Agustus – 18 September 2022.

4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

5. Informasi proses rekrutmen calon pengajar praktik dapat dilihat pada Lampiran 2. Informasi wilayah sasaran (kabupaten/kota) untuk PGP angkatan 8, 9, dan 10 dapat dilihat pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 Simulasi Mengajar & Wawancara, dapat dilihat pada Lampiran 3.

INFORMASI PROSES
REKRUTMEN CALON PENGAJAR PRAKTIK (CPP)
PENDIDIKAN GURU PENGGERAK REGULER
ANGKATAN 8, 9, DAN 10
A. Latar Belakang
Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan kepemimpinan pembelajaran dan kegiatan kolektif guru. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan
peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing. 
Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru penggerak adalah katalis peningkatan kualitas proses pendidikan di sekolah yang akan menggerakkan seluruh ekosistem sekolah untuk mendukung proses dan hasil belajar murid. Hasil belajar murid tidak hanya dimaknai dengan nilai-nilai, tapi juga pada karakter dan sikap murid yang tertuang dalam profil pelajar pancasila.
PGP didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan dengan
menggunakan pendekatan andragogi dan
blended learning selama 6 (enam) bulan. Kegiatan PGP
dilaksanakan menggunakan metode pelatihan dalam jaringan (daring), lokakarya, dan pendampingan
individu. Proporsi kegiatan terdiri atas 70% belajar di tempat bekerja (
on-the-job training), 20%
belajar bersama rekan sejawat, dan 10% belajar bersama instruktur, fasilitator, dan pendamping
(pengajar praktik).
Pelaksanaan pendidikan guru penggerak angkatan 8 akan dimulai awal bulan April 2023. Pelaksanaan PGP Angkatan 9 dan 10 akan diinformasikan kemudian. Untuk melaksanakan pendidikan tersebut diperlukan rekrutmen calon pengajar praktik pendidikan guru penggerak angkatan 8, 9, dan 10, yang akan dilakukan secara serentak pada rekrutmen CPP angkatan 8 (untuk CPP angkatan 8, 9, dan 10). Sebagai persiapan pelaksanaan pendidikan guru penggerak diperlukan rekrutmen calon pengajar praktik dimaksud.
B. Tujuan
Melakukan rekrutmen calon pengajar praktik angkatan 8, 9, dan 10 untuk mendapatkan pendamping terbaik sesuai dengan sasaran wilayah provinsi/kabupaten/kota.
C. Sasaran
Jumlah wilayah sasaran rekrutmen CPP PGP reguler angkatan 8, 9, dan 10 adalah 484 kabupaten/kota.
D. Deskripsi Pengajar Praktik (pendamping)
Dalam menjalankan tugasnya seorang pengajar praktik mendampingi kurang lebih 5 calon guru penggerak. Pendampingan individu dilakukan dengan mengunjungi setiap calon guru penggerak setiap bulannya dilakukan satu kali selama 4 jam pelajaran. Pada setiap periode (sesuai jadwal) pengajar praktik pada satu wilayah kabupaten/kota melakukan lokakarya bersama calon guru penggerak. Pada lokakarya-lokakarya tertentu penyelenggara mengundang juga kepala sekolah, pengawas dan kepala dinas pendidikan setempat. Pengajar Praktik berasal dari guru penggerak (guru yang telah lulus PGP angkatan 1, 2, atau 3), gurukepala sekolah, akademisi, konsultan/praktisi pendidikan yang telah menerapkan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership), lolos seleksi dan memperoleh pembekalan sebagai pengajar praktik. Pengajar praktik akan mendampingi calon guru penggerak reguler sebagai teman belajar pada wilayah kabupaten/kotanya masing-masing.
1. Peran Pengajar Praktik
a) Melakukan pendampingan individu;
b) Memfasilitasi lokakarya pada setiap bulan;
c) Mengevaluasi, menilai, dan memberi umpan balik calon guru penggerak;
d) Membuat laporan capaian perkembangan calon guru penggerak;
e) Memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut.
2. Kriteria Umum
a) Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat latsar PNS, PPG, dan sebagai asesor Pendidikan Guru Penggerak atau Program Sekolah Penggerak;
b) Tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator sekolah penggerak atau sedang menjalankan tugas sebagai kepala sekolah penggerak, pelatih ahli/fasilitator sekolah penggerak pada Program Sekolah Penggerak (PSP);
c) Tidak sedang menjadi instruktur, pelatih lapang, pengawas lapang pada Program Organisasi
Penggerak (POP);
d) Tidak sedang proses rekrutmen calon guru penggerak, calon fasilitator atau sedang menjalankan tugas sebagai calon guru penggerak, atau fasilitator pada Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP);
e) Mendapat izin dari pimpinan/ atasan langsung tempat bekerja;
f) Memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi calon pengajar praktik;
g) Bersedia mendampingi CGP selama proses Pendidikan Guru Penggerak;

3. Persyaratan CPP
a. Guru Penggerak
1) Memiliki Sertifikat Guru Penggerak
2) Minimal pendidikan S1/D4;
3) Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun;
4) Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun;
5) Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid;
6) Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun;
7) Berkomitmen untuk menjalankan program sampai dengan selesai;
8) Memiliki pengalaman kepemimpinan (Contoh: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua MGMP/KKG, Asosiasi Guru, koordinator komunitas, ketua organisasi pendidikan lainnya, dll)
b. Guru
1) Minimal pendidikan S1/D4;
2) Aktif mengajar dan terdaftar sebagai guru di dapodik;
3) Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun;
4) Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun;
5) Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid;
6) Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun;
7) Berkomitmen untuk menjalankan program sampai dengan selesai;
8) Memiliki pengalaman kepemimpinan (Contoh: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua MGMP/KKG, Asosiasi Guru, koordinator komunitas, ketua organisasi pendidikan lainnya, dll)
c. Kepala Sekolah
1) Minimal pendidikan S1/D4;
2) Aktif dan terdaftar sebagai kepala sekolah di dapodik;
3) Memiliki pengalaman mengajar 5 tahun;
4) Memiliki sisa masa kerja minimal 2 tahun sebelum pensiun;
5) Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid;
6) Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun;
7)
Berkomitmen untuk menjalankan program sampai dengan selesai;
8) Memiliki pengalaman kepemimpinan (Contoh: Ketua MGMP/KKG, MKKS, MKPS, Asosiasi Guru,  koordinator komunitas, ketua organisasi pendidikan lainnya, dll).
d. Akademisi
1) Minimal pendidikan S1/D4;
2) Memiliki
pengalaman mengajar atau melatih guru selama 5 tahun;
3) Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid;
4) Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun;
5) Berkomitmen untuk menjalankan program sampai dengan selesai;
6) Memiliki pengalaman kepemimpinan (contoh: pemimpin organisasi, komunitas, lembaga/instansi, dll)

e. Praktisi/Konsultan Pendidikan (Pegiat/pelaksana praktik pendidikan yang bergabung di dalam komunitas organisasi pendidikan (KOP), LSM dan fasilitator pendidikan di daerah)
1) Minimal pendidikan S1/D4;
2) Memiliki pengalaman mengajar atau melatih guru selama 5 tahun;
3) Mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada murid;
4) Memiliki pengalaman mentoring/ pelatihan guru selama 1 tahun;
5) Berkomitmen untuk menyelesaikan program;
6) Memiliki pengalaman kepemimpinan (contoh: pemimpin organisasi, komunitas, lembaga/instansi, dll)


Selengkapnya Surat Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) PGP Reguler Angkatan 8 (untuk PP PGP angkatan 8, 9, dan 10) dapat di UNDUH DISINI dan 
https://www.imrantululi.net/download

21 Agustus 2022

Pelaksanaan Pengisian Survei Lingkungan Belajar Jenjang SD/SDLB/Paket A Sederajat


 

Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.
Pada bulan Agustus ini, sekolah-sekolah sudah mulai melaksanakan Survei Lingkungan Belajar, dan pada bulan September nanti akan dimulai pelaksanaan sinkronisasi simulasi Asesmen Nasional.

Pelaksanaan Pengisian Survei Lingkungan Belajar Jenjang SD/SDLB/Paket A Sederajat Waktu pelaksanaan: 22 s.d. 31 Agustus 2022

Bagi operator/proktor pada masing-masing satuan pendidikan, ayo lakukan cetak kartu login pengisian survei 1 hari sebelum waktu
pelaksanaan melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id menggunakan akun SDM
Bagi operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan operator/proktor satuan pendidikan, agar dapat memantau
tingkat partisipasi dan keterisian instrumen Survei Lingkungan Belajar



Sumber: Direktorat Sekolah Dasar

09 Agustus 2022

ASESMEN KECUKUPAN SASARAN AKREDITASI DAN PENUGASAN ASESOR



Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) menetapkan slogan:
Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Slogan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN-S/M: profesional, tepercaya, dan terbuka.

Pada akreditasi 2022, sekolah/madrasah sasaran akreditasi harus memenuhi persyaratan mutlak yang ditentukan oleh BAN-S/M untuk dapat divisitasi. 

Asesmen kecukupan adalah proses penilaian kecukupan terhadap sekolah/madrasah yang telah memenuhi: (1) indikator pemenuhan mutlak (IPM), (2) kelengkapan indikator pemenuhan relatif (IPR), (3) kelengkapan data isian akreditasi (DIA), dan (4) kelengkapan dokumen yang diunggah.

Kegiatan asesmen kecukupan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan visitasi yang dilakukan oleh asesor. BAN-S/M menetapkan 2 (dua) orang asesor yang akan bertugas di setiap sekolah/madrasah melalui aplikasi Sispena-S/M yang kemudian penugasannya ditetapkan oleh BAN-S/M Provinsi.

TUJUAN

  1. Memastikan bahwa sekolah/madrasah yang akan divisitasi telah memenuhi indikator pemenuhan mutlak (IPM), mengisi DIA, dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  2. Memastikan asesor telah mempelajari DIA, menelaah dokumen yang diunggah oleh sekolah/madrasah, dan indikator pemenuhan relatif (IPR).
  3. Menetapkan dan menerbitkan surat tugas asesor oleh BANS/M Provinsi untuk melakukan visitasi berdasarkan keputusan BAN-S/M.

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Asesmen Kecukupan Sasaran Akreditasi dan Penugasan Asesor adalah: 

  1. Ketua, sekretaris, dan anggota BAN-S/M Provinsi untuk mengelola pelaksanaan kegiatan asesmen kecukupan;
  2. Asesor melakukan asesmen kecukupan melalui Sispena-S/M. Selanjutnya, BAN-S/M Provinsi menugaskan asesor untuk melaksanakan visitasi.

TANGGUNGJAWAB DAN WEWENANG

  1. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi 
  • Ketua BAN-S/M Provinsi menugaskan tim asesor untuk melakukan asesmen kecukupan. Setiap sekolah/madrasah dilakukan asesmen kecukupan oleh 2 (dua) orang tim asesor.
  • Ketua BAN-S/M Provinsi bersama anggota BAN S/M Provinsi mengelola kegiatan asesmen kecukupan dengan menugaskan tim asesor untuk: (1) melakukan asesmen indikator pemenuhan mutlak (IPM), indikator pemenuhan relatif (IPR), hasil pengisian DIA dan kelengkapan dokumen yang diunggah oleh sekolah/madrasah melalui Sispena-S/M; dan (2) menampilkan dan menelaah rekap hasil asesmen kecukupan.
  • BAN-S/M Provinsi menetapkan sekolah/madrasah yang akan divisitasi.
     2. Asesor

  • a. Asesor melakukan asesmen kecukupan sekolah/madrasah melalui Sispena-S/M. Setiap 1 (satu) satuan pendidikan dilakukan asesmen oleh 2 (dua) orang asesor.
  • b. Asesor melaporkan hasil asesmen kecukupan kepada Ketua BAN-S/M Provinsi.

LANGKAH KEGIATAN

  1. 1. Ketua BAN-S/M Provinsi menugaskan tim asesor yang terdiri atas 2 (dua) orang asesor, serta membagi tugas berdasarkan jumlah sekolah/madrasah dan jumlah tim asesor yang akan melaksanakan asesmen kecukupan.
  2. Tim Asesor melakukan asesmen kecukupan melalui SispenaS/M.
  3. Tim Asesor melaporkan hasil asesmen kecukupan kepada Ketua BAN-S/M Provinsi (Format 2.1)
  4. BAN-S/M Provinsi menampilkan dan menelaah rekap hasil asesmen kecukupan (Format 2.2)
  5. BAN-S/M Provinsi menetapkan surat keputusan sekolah/madrasah yang akan divisitasi sesuai ketetapan BAN-S/M (Format 2.3) 
  6. BAN-S/M Provinsi menetapkan dan menugaskan tim asesor untuk melaksanakan visitasi dan menetapkan ketua tim asesor di masing-masing sekolah/madrasah. (Format 2.4) 
  7. BAN-S/M Provinsi menyiapkan dokumen dan administrasi yang diperlukan oleh tim asesor.
  8. BAN-S/M Provinsi menyampaikan pemberitahuan kepada sekolah/madrasah yang akan divisitasi.
WAKTU
Kegiatan asesmen kecukupan dilaksanakan secara daring selama minimal 1 (satu) hari sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan jumlah sasaran sekolah/madrasah yang akan diakreditasi. Sedangkan penetapan sekolah/madrasah yang akan divisitasi dilaksanakan selama 1 (satu) hari secara daring.

DOKUMEN YANG DIPERLUKAN
  1. Hasil asesmen kecukupan sekolah/madrasah oleh tim asesor dan informasi kelengkapan dokumen pendukung IASP2020 dari Sispena-S/M.
  2. Surat keputusan penetapan sekolah/madrasah yang akan divisitasi.
  3. Surat penugasan asesor untuk melakukan asesmen kecukupan dan visitasi.

HASIL
1. Hasil asesmen kecukupan dalam Sispena-S/M persekolah/madrasah (Format 2.1).
2. Rekapitulasi hasil asesmen kecukupan (Format 2.2). 
3. Surat keputusan tentang sekolah/madrasah yang akan divisitasi (Format 2.3).
4. Surat Tugas Asesor (Format 2.4).


07 Agustus 2022

TWIBBON HARI ULANG TAHUN PRAMUKA KE-61 TAHUN 2022

 


Pada tanggal 14 Agustus 2022, seluruh anggota kepanduan di Indonesia akan memperingati Hari Pramuka atau HUT Pramuka ke 61 Tahun 2022. 

Tema hari Pramuka ke-61 adalah "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa". 

Sementara logo Hari Ulang Tahun Pramuka Ke 61 Tahun 2022 adalah



Untuk menyemarakan Peringatan HUT Ke-61 Pramuka Tahun 2022, berikut beberapa link yang dapat digunakan untuk menyemarakan Peringatan HUT Ke-61 Pramuka Tahun 2022.

https://www.twibbonize.com/pramuka61

https://www.twibbonize.com/pramuka6122

https://www.twibbonize.com/agipprawira2

https://www.twibbonize.com/pramuka612022

https://www.twibbonize.com/haripramukake62

https://www.twibbonize.com/hutpramuka6114

https://www.twibbonize.com/twbprajamudakarana

https://www.twibbonize.com/hutpramuka140822

https://www.twibbonize.com/haripramukatahun2022

https://www.twibbonize.com/ningpramuka61

https://www.twibbonize.com/pramuka-id

https://www.twibbonize.com/hutpramukasatapke61

https://www.twibbonize.com/pramukaesposa

https://www.twibbonize.com/spbhutpramuka61tahun2022

https://www.twibbonize.com/haripramuka2022model1

https://www.twibbonize.com/happydaypramuka2022

https://www.twibbonize.com/pramuka-61

https://www.twibbonize.com/hutgp61

Demikian informasi tentang kumpulan  link yang dapat digunakan untuk menyemarakan Peringatan HUT Ke-61 Pramuka Tahun 2022.

Semoga Bermanfaat








KUMPULAN LINK TWIBBON HARI ULANG TAHUN REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2022

 


Dua tahun lebih ini Indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh rakyat Indonesia di penjuru tanah air. Namun di tengah keterpurukan, semua elemen bangsa bergerak bersama dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan. Kita melihat bagaimana kinerja dari pemerintah dan gerakan dari masyarakat bersinergi bersama untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global. Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 pada tahun ini mere?eksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara yang menuntun kita untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju.

Tema Besar: PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT

Untuk menyemarakan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, berikut beberapa link yang dapat digunakan untuk menyemarakan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022.

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren1

https://www.twibbonize.com/selamathutrike77

https://www.twibbonize.com/hutri170822

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren2

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren3

https://www.twibbonize.com/selamathutrike-77

https://www.twibbonize.com/hutkemerdekaanri77tahun

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren4

https://www.twibbonize.com/hutri77ak

https://www.twibbonize.com/hutri77-2022

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren5

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren6

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren7

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren8

https://www.twibbonize.com/dirgahayurike77tahun2022

https://www.twibbonize.com/twibbon77indonesia

https://www.twibbonize.com/republikindonesiake77

https://www.twibbonize.com/selamathutrike-77-th2022

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren9

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren10

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren11

https://www.twibbonize.com/twibbonhutrike77keren12

https://www.twibbonize.com/77thnkri

https://www.twibbonize.com/dirgahayuindonesia77

https://www.twibbonize.com/twibbon-hut-ri-2022

https://www.twibbonize.com/harikemerdekaanri77

https://www.twibbonize.com/twb-hutri-77

https://www.twibbonize.com/twb-hsn22

https://www.twibbonize.com/republikid-hut77

https://www.twibbonize.com/kemerdekaanindonsia77

https://www.twibbonize.com/hutri77garuda

https://www.twibbonize.com/kemerdekaanrike77

https://www.twibbonize.com/hutrepublikid77


Demikian informasi tentang kumpulan  link yang dapat digunakan untuk menyemarakan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022.

Semoga Bermanfaat



05 Agustus 2022

Logo Hari Ulang Tahun Pramuka Ke 61 Tahun 2022

 



Pada tanggal 14 Agustus 2022, seluruh anggota gerakan kepanduan di Indonesia akan memperingati HUT atau Hari Pramuka 2022 yang ke 61 tahun.

Gerakan kepanduan sendiri dicetuskan oleh Robert Baden Powell, yang merupakan seorang anggota angkatan darat di Inggris.

Ia juga menulis sebuah buku berjudul 'Scouting for Boys", yang mana inti dari buku tersebut berisi panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan, ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral.

Gerakan Kepanduan atau yang kerap kali dikenal sebagai Pramuka telah ada sejak Indonesia merdeka, tepatnya tanggal 14 Agustus 1961.

Menyusul peristiwa tersebut, maka di tanggal 14 Agustus di setiap tahunnya gerakan kepanduan di Indonesia secara serentak akan memperingati Hari Pramuka.

Bertepatan dengan diperingatinya Hari Pramuka ke 61 pada 14 Agustus 2022, Kwartir Nasional telah merilis logo Hari Pramuka 2022 berformat PNG, PDF, dan JPG.

Di mana perilisan tema dan logo Hari Pramuka 2022 ini telah tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 62 Tahun 2022.

 UNDUH DISINI  Logo-61-Tahun-Pramuka.pdf

semoga Bermanfaat

04 Agustus 2022

PANDUAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

 

Kemendikbudristek menerbitkan Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2022 mengenai Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
Surat Edaran (SE) tersebut diterbitkan dengan memperhatikan situasi pandemi Covid-19 di beberapa daerah saat ini, serta berdasarkan hasil pembahasan bersama antara @kemenkomarves , @kemenag_ri , @kemenkes_ri , @kemendagri , dan Kemendikbudristek.
"Dalam Surat Edaran yang baru dikeluarkan ini berbeda dengan sebelumnya. Jika ada yang terpapar Covid-19 yang dihentikan sementara aktivitas PTM hanya di rombongan belajar, bukan aktivitas PTM di satuan pendidikan," terang Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek @suhartisutar .
Kemudian, paling sedikit dilakukan penghentian PTM selama 5 hari untuk peserta didik terkonfirmasi Covid-19 apabila yang bersangkutan bukan merupakan kluster penularan Covid-19 di satuan pendidikan; dan/atau hasil surveilans epidemiologis menunjukkan angka positivity rate warga satuan pendidikan terkonfirmasi Covid-19 di bawah 5 persen.
Yuk, simak infografik di atas! #SahabatSekolahDasar juga dapat menyimak berita selengkapnya di laman kemdikbud.go.id (tautan di bio).



Sumber: Facebook Direktorat Sekolah Dasar

03 Agustus 2022

Pemberitahuan Pengisian Survei Lingkungan Belajar tahun 2022


Dalam rangka pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) 2022, seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar. Survei ini bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil AN 2022 memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran. Tingkat partisipasi dan keterisian instrumen survei sangat berpengaruh terhadap hasil analisis dan pelaporan mengenai input dan proses pembelajaran tersebut. 

Demi tersajinya informasi hasil AN 2022 yang komprehensif, seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) jenjang pendidikan dasar dan menengah wajib mengisi jawaban dari seluruh pertanyaan di dalam survei. Pengisian Survei Lingkungan Belajar melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/ yang dijadwalkan pada:

No.

Jenjang Pendidikan

Waktu Pelaksanaan

1.

SMA/SMK/SMALB/Paket C sederajat

1-10 Agustus 2022

2.

SMP/SMPLB/Paket B sederajat

11-20 Agustus 2022

3.

SD/SDLB/Paket A sederajat

22-31 Agustus 2022

UNDUH Surat Pemberitahuan Pengisian Survei Lingkungan Belajar tahun 2022 UNDUH DISINI



Prinsip Coaching

  Prinsip Coaching Definisi  coaching  menurut ICF ( International Coaching Federation ) adalah “Hubungan kemitraan dengan klien, dalam su...